April 22, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

50 seniman China memutuskan hubungan dengan Nike dengan Adidas, kritikus Val Uyghur

Jakarta

Seniman Tiongkok sibuk memutuskan hubungan dengan merek populer. Ini adalah konsekuensi dari masalah kapas Xinjiang. Sejak tahun lalu, ada laporan tentang China yang melakukan diskriminasi terhadap Uyghur. Kapas dikatakan diproduksi di Xinjiang sebagai hasil kerja paksa Muslim di China.

Sejauh ini, lebih dari 50 selebriti dilaporkan telah mengakhiri kesepakatan dan hubungan mereka dengan merek Barat seperti Nike, H&M. Ini bermula dari pernyataan kontroversial H&M dan Nike, yang menuduh China memaksa Muslim Uyghur memproduksi kapas di Xinjiang. Merek mengaku tidak membeli kapas dari sana dan tidak mendukung proses tersebut.

Artis China Nike Putuskan Hubungan dengan Adidas, Ekor Uyghur Kritikus Foto: Dok. வெய்போ

Laporan Nike dan H&M sebenarnya dirilis tahun lalu, tetapi baru-baru ini ramai. Tak lama setelah viral di media sosial, beberapa artis Tiongkok yang bersepakat dengan kedua merek tersebut langsung memutuskan hubungan. Salah satu artis yang keberatan dengan tuduhan tersebut adalah Victoria Chang yang menjadi model H&M.

“Kepentingan negara adalah yang terpenting lebih dari apa pun. Kami dengan tegas mempertahankan semua stigma terhadap China dan kami tidak terlalu membenarkan penggunaan taktik bisnis semacam itu untuk mencemarkan nama baik dan menghina negara dan warganya,” tulis Victoria Song Studio dalam sebuah pernyataan resmi. pernyataan.

Sekarang semakin banyak artis terkenal yang ambil bagian dalam membela negara mereka. Selebriti seperti Xiao Zhan, Wang Yibo, Jackson Wang, Zhang Yixing, dan Dilraba Dilmurath mengaku tidak lagi bekerja sama dengan merek yang terlibat. Tidak hanya H&M dan Nike, tetapi merek lain seperti Adidas, Puffer, New Balance telah mengeluarkan pernyataan serupa atau menjadi bagian dari ansambel mode.

READ  Tingkat pemulihan kasus COVID-19 meningkat hingga 84 persen
Seniman Cina Nike Du memutuskan hubungan dengan adidas, ekor kritikus UyghurArtis China Nike Putuskan Hubungan dengan Adidas, Ekor Uyghur Kritikus Foto: Dok. வெய்போ

Tidak hanya mereka kehilangan duta merek populer, tetapi penjualan setidaknya tiga merek juga tampaknya terpengaruh. Sejak minggu lalu, beberapa situs e-commerce besar telah berhenti menjual produk H&M. Sekarang telah dilaporkan bahwa ponsel Huawei bahkan telah menghapus aplikasi Nike dan Adidas karena kontroversi kapas Xinjiang.

Penelantaran tidak terbatas pada dunia hiburan. Laporan Global Times juga menunjukkan bahwa Liga Super China tidak menunjukkan logo Nike kepada suporternya.

(Cinta cinta)