April 22, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Pemecahan! Kapal Evergreen berhasil dievakuasi di Terusan Suez

Jakarta, CNBC Indonesia – Kapal kontainer raksasa Evergreen lari dan menutup Terusan Suez, Mesir, Diumumkan sebagai penarikan yang berhasil, Senin (29/3/2021) sekitar pukul 16.30 waktu setempat. Kapal tersebut saat ini sedang ditarik ke darat

Dikutip CNBC Internasional, Berbagi informasi ini di akun Twitter Incap Shipping, sebuah perusahaan jasa maritim. Berikut ini adalah gambar dari radar mereka yang menggambarkan kapal sedang diusir ke tepi kanal yang menghubungkan Laut Merah dan Laut Mediterania.


“KM Ever Give berhasil diluncurkan pada 04:30 lt 29/03/2021. Dia sedang dilindungi sekarang. Mereka akan diikuti segera setelah langkah selanjutnya ditemukan,” cuit Inzcap Shipping.

Sebelumnya, kapal Evergreen berbendera Panama kandas pada Selasa (23/3/2021). Kapal sepanjang 400 meter itu kandas dan sepenuhnya memblokir semua akses pengiriman ke kanal, membuka jalan bagi 12% perdagangan global.

Kapal dikatakan telah meniup angin kencang saat mesin mati. Namun penyelidikan baru-baru ini mengungkapkan bahwa ada kesalahan manusia dalam kejadian tersebut.

Perjalanan kapal tentu akan menjadi penghalang utama perdagangan global antara Eropa dan Asia. Menurut data yang dihimpun oleh perusahaan manajemen kapal Lloyd List, insiden pelayaran raksasa itu bisa mencapai $ 400 juta atau sekitar $ 5,7 triliun (diperkirakan Rp 14.000 / US $) per jam dalam perdagangan.

Angka ini didasarkan pada perkiraan nilai barang yang dipindahkan setiap hari melalui Suez. Lloyd memperkirakan aliran ke arah barat dari kanal itu kira-kira US $ 5,1 miliar (Rp 73,7 triliun) per hari. Transportasi ke timur sekitar $ 4,5 miliar (Rp 65 triliun) sehari.

Ketika kandas, kapal itu dioperasikan oleh perusahaan pelayaran Taiwan, Evergreen Marine. Saat kejadian, diketahui kapal sedang dalam perjalanan dari China menuju Rotterdam, Belanda.

READ  Penghinaan Lucky Bertana pun terhapus dan Veronica mendapat banyak dukungan dari netizen

Shoi Kishen, perusahaan Jepang yang memiliki kapal tersebut, meminta maaf. “Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kapal pesiar atau Terusan Suez,” tulis perusahaan itu.

Foto: AP /
Foto ini, dirilis Kamis, 25 Maret 2021, oleh Otoritas Terusan Suez, menunjukkan kapal kargo berbendera Panama Evergreen terjepit di Terusan Suez dan memblokir lalu lintas di jalur air utama. Sebuah operasi sedang dilakukan untuk mencoba membuat kapal bekerja secara gratis melintasi Terusan Suez Mesir, yang selanjutnya mempengaruhi pengiriman global pada hari Kamis, membutuhkan setidaknya 150 kapal lain untuk melewati jalur air penting tersebut. (Melalui Otoritas Terusan Suez AP)

[Gambas:Video CNBC]

(Pemberi kerja / majikan)