Februari 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Alasan mengapa banyak mobil bertransmisi matic mengalami rem blong saat menuruni bukit

Alasan mengapa banyak mobil bertransmisi matic mengalami rem blong saat menuruni bukit

KLATEN, KOMPAS.comKegagalan rem Hal ini kebanyakan hanya terjadi pada truk dan bus dengan muatan kendaraan besar. Namun, mobil pribadi juga bisa menikmatinya.

Alasannya Kegagalan rem Hal ini mungkin disebabkan oleh kesalahan teknis atau kesalahan dalam mengantisipasi derivatif yang panjang. Oleh karena itu, pengemudi juga menjadi faktor penentu apakah rem mobil akan blong atau tidak.

Uniknya, mobil otomatis Rem dikatakan lebih sering rusak dibandingkan mobil manual. Simak penjelasan ahlinya!

Baca Juga: Lakukan Ini Jika Rem Mobil Anda Blong

Direktur Pelatihan Safety Defence Consultant Indonesia (SDCI) Sonny Susmana mengatakan mobil matic lebih rentan mengalami rem blong karena biasanya rem bekerja lebih keras.

Rata-rata mobil matic tidak memiliki engine brake sehingga pengemudi tidak mengerem secara hati-hati dan akhirnya rem menjadi terlalu panas dan rusak, kata Sony kepada Kompas.com, Selasa (6/2/2024).

Sony menjelaskan, salah satu pencegahan untuk mencegah rem blong pada mobil adalah dengan melakukan downshift atau perpindahan gigi ke bawah.

Baca Juga: Kecelakaan Rem Blong Makin Sering Terjadi, Rekomendasi KNKT Diabaikan

Spesial Kecelakaan itu terjadi di Kembangan, Jakarta Barat pada Senin (24/7/2023).

Dengan cara ini, kecepatan mobil dikendalikan oleh putaran mesin yang lambat, dan rasio putaran roda yang lebih kecil dibandingkan putaran mesin sehingga memudahkan kerja rem utama, kata Sony.

Ahmad Wilton, Analis Senior Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (KNKT), mengatakan ada beberapa jenis kegagalan rem dari proses tersebut, salah satunya adalah fenomena rem blong.

“Rem fading merupakan fenomena rem blong karena kampas rem kehilangan traksi pada tromol sehingga kampas rem tidak dapat menyentuh tromol dan menimbulkan gesekan,” kata Wilton, Senin (5/12/2022). Dalam acara Webinar Kegagalan rem dan Fakta Kecelakaan Bus & Truk di ITS.

READ  Meski laris manis, 5 resto ini terpaksa dijual oleh pemiliknya

Baca Juga: Semakin banyak truk dan bus yang mengalami rem blong, kata KNKT

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Batu pada Senin (24/4/2023) pukul 13.00 WIB melaksanakan operasi evakuasi mobil yang rem blong di Jalan Klemuk Rescue Kota Batu.Galangan kapal. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batu (Thamgarmat). Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Batu pada Senin (24/4/2023) pukul 13.00 WIB melaksanakan operasi evakuasi mobil yang rem blong di Jalan Klemuk Rescue Kota Batu.

Wilden mengatakan, ada kabut panas di antara kampas rem dan tromol sehingga keduanya tidak bisa bertemu. Kabut hangat merupakan hasil fenomena sublimasi, yaitu perubahan wujud padat menjadi gas saat permukaan kanvas mencapai suhu sublimasi.

Menurut Wilton, kejadian tersebut terjadi karena rem bekerja terlalu keras sehingga mengakibatkan panas pada bantalan rem meningkat.

Yang dirasakan pengemudi adalah mampu mengerem dengan baik, pedal rem kokoh, namun roda tidak berhenti berputar saat pedal rem diinjak (rem blong), kata Wilton.

Baca selengkapnya: Sebuah minibus bermuatan 12 penumpang terbalik di Champaloon akibat rem blong di tanjakan

“Vapour lock merupakan jenis lain dari kegagalan rem dimana tenaga hidrolik sistem rem tidak dapat digunakan untuk mendorong piston, sehingga sistem rem kehilangan kemampuannya,” kata Wilton.

Ia mengatakan, jika rem bekerja terlalu keras, suhu akan naik, begitu pula minyak rem yang mengubah tekanan.

Minyak rem yang mengalami kenaikan suhu akan mengalami penguapan ketika mencapai titik didihnya sehingga menimbulkan gelembung atau udara semu pada saluran minyak rem sehingga hukum Pascal tidak berfungsi dengan baik, kata Wilton.

Baca Juga: Truk Fuso Tabrak Mobil Redaksi Usai Diduga Rem Blong

https://www.youtube.com/watch?v=r5LNlyB3k

Oleh karena itu, mobil matic mudah mengalami rem blong karena rem utama bekerja lebih keras karena bekerja sendiri untuk menjaga kecepatan mobil. Gaya rem mesin pada transmisi otomatis biasanya terlalu kecil untuk membantu rem utama.

READ  Lagi! GPF bagikan 867,9 juta saham Gojek Tokopedia (GOTO)


Dapatkan pembaruan Berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Dengan mengklik link tersebut, kita akan bergabung dengan grup Telegram “Update Berita Kompas.com”. https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.