Juli 7, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Gletser Dwights, seukuran pulau Inggris Raya.

Antartika telah kehilangan es tercepat dalam 5.500 tahun terakhir

NASA

Gletser Dwights, seukuran pulau Inggris Raya.

Nationalgeographic.co.id – Para ilmuwan dari University of Maine dan British Antarctic Survey, termasuk akademisi di Imperial College London, telah mengukur tingkat kenaikan permukaan laut lokal di sekitar gletser Antartika. Akibatnya, temuan mereka menunjukkan bahwa dua gletser besar di Gletser Antartika Barat (WAIS) telah kehilangan es paling cepat dalam setidaknya 5.500 tahun.

Seperti diketahui, Antartika ditutupi oleh dua gletser besar, yaitu gletser Antartika timur dan barat. Lapisan ini adalah lokasi gletser individu.

Karena iklim yang memanas, WAIS telah menurun dengan cepat selama beberapa dekade terakhir. Di dalam es, gletser Thwaites dan Pulau Pinus Sangat rentan terhadap pemanasan global dan berkontribusi terhadap kenaikan permukaan laut.

Pada tingkat kemunduran saat ini, gletser yang luas, memanjang jauh ke jantung gletser, dapat berkontribusi pada kenaikan permukaan laut global hingga 3,4 meter selama beberapa abad mendatang.

Laporan studi ini telah dipublikasikan di jurnal Ilmu Bumi Alam Baru-baru ini berjudul “Data Permukaan Laut Relatif Mencegah Perubahan Massa Es Holosen Tertunda Utama di Teluk Pulau Pinus”. Deskripsi ini adalah bukti pertama dari keadaan gletser Antartika dari waktu ke waktu.

Dalam studi ini, para ilmuwan menemukan bahwa gletser mulai surut pada tingkat yang tidak terlihat dalam 5.500 tahun terakhir. Dengan luas masing-masing 192.000 kilometer persegi (seukuran pulau Britania Raya) dan 162.300 kilometer persegi, gletser Dwights dan Pine Island berpotensi menyebabkan kenaikan permukaan laut global secara besar-besaran.

Lokasi Gletser Dwights di Antartika barat.

Gambar Getty

Lokasi Gletser Dwights di Antartika barat.

Dylan Root, co-editor Departemen Ilmu dan Teknik Bumi Imperial, mengatakan bahwa meskipun gletser yang rentan ini relatif stabil selama beberapa ribu tahun terakhir, tingkat penurunannya saat ini telah mempercepat dan menaikkan permukaan laut global.

READ  Jam Simari Dyreland Punkago

“Tingkat pencairan es yang meningkat saat ini dapat mengindikasikan pecahnya arteri utama dari jantung Gletser Antartika Barat, yang mengarah ke aliran cepat lautan ke lautan yang dapat mendatangkan malapetaka pada permukaan laut global di masa depan di dunia yang memanas.”

Saya melihat lebih dalam dari 5.000 tahun yang lalu. Sementara itu HolosenIklimnya lebih hangat daripada sekarang, sehingga permukaan laut lebih tinggi dan gletser lebih kecil.



Konten yang diiklankan

Video Unggulan