Mei 15, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Bangsa Bobby dan 13 Bupati / Walikota Terpilih Dibuka 26 Februari di Sumatera Utara – Politik

Selasa, 16 Februari 2021 18:29 WIB 3, dilihat 3.434 kali https://mdn.biz.id/o/129212/

Ahmed Rashid Ridonga, Kepala Dinas Otonomi Daerah Sumatera Utara dan Biro Otonomi Daerah. (Penny Baser / Anjing)

Medanbisnisdaily.com-Medan. Walikota terpilih dan wakil walikota Madonna Bobby Nacshan-Alia Rashman serta 13 penguasa lainnya dan walikota terpilih lainnya di Sumatera Utara, hasil Pilkada serentak tahun 2020, masa jabatan presiden daerah sebelumnya berakhir pada 17 Februari 2021, dan dibuka pada 26 Februari 2021. Namun, hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK) tidak mencantumkan wilayah pelantikan penguasa / walikota yang saat ini atau masih disengketakan.

Artinya, hasil pilkada bupati / walikota terpilih tidak kontroversial atau kontroversial di Mahkamah Konstitusi, namun sudah mencapai keputusan akhir secara hukum, sedangkan masa jabatan presiden daerah sebelumnya berakhir pada 17 Februari dan dibuka pada 26 Februari. .

Jadwal pelantikan pada 26 Februari ini merupakan hasil koordinasi Kementerian Dalam Negeri (Komentar) dan Pemprov Sumut. Dengan begitu, proses pelantikan administrasi terus berlanjut.

“Sudah disepakati pada 26 Februari, kecuali wilayah sengketa di Mahkamah Konstitusi,” ujarnya, Selasa (16/2/2021).

Namun, itu semua tergantung keputusan akhir Mendagri. Pasalnya, perintah Mendagri tidak dikeluarkan pada hari itu. Oleh karena itu, pelantikan sebaiknya tidak dilakukan pada tanggal 26 Februari.

Pasalnya, Rashid Ridonga menegaskan Kementerian Dalam Negeri telah memproses ratusan berkas pengusulan dimulainya pemilihan kepala daerah. “Tanggal 26 Februari saat perintah Mendagri sudah selesai ya. Tidak hanya di Sumut saja, tapi jumlahnya ratusan,” pungkasnya.

Di antara 14 wilayah yang akan dilantik Bupati / Walikota pada 26 Februari adalah Medan, Asahan, Tanjungpalai, Lapunpattu, Laponpattu Celaton, Tapanuli Celaton dan Samosir, Pinchai, Sertong Pedakai, Laponpattu Utara, Sibolka, Hampang.

READ  Vicky Precitio menikahi Galina Octarani pada kencan yang indah

Sementara itu, untuk 9 daerah yang masa jabatannya berakhir pada April 2021, pimpinan daerah hasil Pilcada 2020 akan dibuka pada April mendatang. Jadi kepala daerah saat ini menjalankan tugasnya hingga April mendatang.