Maret 2, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Bintik matahari raksasa ini lebih besar dari Bumi

Gambar baru dari laboratorium surya terbesar di dunia telah dirilis. Laboratorium ini dinamakan Teleskop Surya Daniel K. Inoue, yang terletak di pulau Maui di Hawaii. Para ilmuwan mengambil gambar itu pada 28 Januari 2020, tetapi baru-baru ini dirilis ke publik. Bintik matahari raksasa di tengah foto di bawah ini lebarnya sekitar 10.000 kilometer.

Kata para ilmuwan Bintik matahari Bumi cukup luas untuk menampung sedikit ruang di dalamnya. National Science Foundation memiliki teleskop dan merilis gambar pada hari Jumat dengan video sinar matahari. Menurut peneliti, citra bintik matahari memiliki resolusi spasial sekitar 2,5 kali lebih banyak daripada yang dicapai sebelumnya.

Resolusi itu memungkinkan gambar menunjukkan struktur magnet pada jarak 20 kilometer dari permukaan matahari. Meski teleskop adalah laboratorium surya terbesar di dunia, namun masih mendekati penyelesaian. Gambar tersebut menunjukkan perbaikan optik teleskop dan seberapa baik kaca primer empat meter memungkinkan para ilmuwan untuk melihat matahari selama siklus matahari berikutnya.

Para ilmuwan proyek menunjukkan bahwa gambar ini bukanlah bintik matahari yang sama yang sekarang terlihat dengan mata telanjang di matahari. Pada titik ini, Anda juga harus memperhatikan bahwa Anda tidak dapat melihat matahari secara langsung tanpa peralatan khusus. Lembar bintik matahari yang terlihat di foto adalah yang pertama dari serangkaian artikel yang diterbitkan dalam fisika matahari, data yang dihasilkan dikumpulkan oleh laboratorium.

Penampakan bergaris di tengah bintik matahari yang gelap menunjukkan bagaimana gas panas dan dingin bergerak keluar dari gelap dan tengah, dipahat oleh pertemuan medan magnet yang kuat dan gas panas yang naik dari bawah. Bintik matahari gelap lebih sejuk daripada area di sekitar matahari, tetapi masih lebih panas dari 7500 derajat Fahrenheit.

READ  Tingkat pemulihan kasus COVID-19 meningkat hingga 84 persen