Juli 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Dengan kehadiran ribuan mahasiswa Muhammadiyah, pembukaan Konferensi IPM ke-23 berlangsung meriah

Dengan kehadiran ribuan mahasiswa Muhammadiyah, pembukaan Konferensi IPM ke-23 berlangsung meriah

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MEDAN-Dengan penuh semangat dan semangat kebangsaan, peresmian Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IPM) Muqtamar ke-23 resmi digelar di Medan. Ribuan mahasiswa Muhammadiyah dari seluruh Indonesia memeriahkan peristiwa bersejarah ini. Tema Kongres tahun ini adalah “Selamat Datang Era Baru Persatuan Mahasiswa Muhammadiyah” yang mencerminkan semangat perubahan dan kemajuan pendidikan Islam di Indonesia.

Banyak pejabat pemerintah yang berpartisipasi dalam acara tersebut memberikan dukungan penuh mereka. Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga RI Tito Ariodetjo, Panglima TNI dan Gubernur Sumut Eddie Rahmayadi menyemarakkan acara tersebut. Menambah kekaguman pada suasana optimis tersebut, acara diawali dengan pembacaan Al-Qur’an oleh Fajr Rianda.

Ketua Umum PP IPM, Nashir Effendi, menyampaikan laporan bertajuk “Enam Profil Mahasiswa Islam” yang memandu mahasiswa Muhammadiyah menunaikan tugasnya sebagai agen perubahan positif di masyarakat.

Keenam ciri tersebut adalah 1) taat dan toleran, 2) cerdas, belajar dan berjiwa pembaharu, 3) hormat kepada orang tua, guru dan ibu pertiwi, 4) sehat jasmani dan rohani, 5) mandiri dan rela memberi, 6) cinta lingkungan . Menurutnya, enam ciri profil mahasiswa Islam di atas merupakan inti dari nilai-nilai di Makashid Syria (Tujuan Syariah).

Pidato inspiratif datang dari Heather Nashir, presiden PP Muhammadiyah, yang mendorong para siswa untuk menjadi orang yang religius, memiliki rasa nasionalisme yang kuat dan berwawasan global.

“Pesan saya kepada mahasiswa Muhammadiyah, jadilah mahasiswa yang agamis, berakhlak mulia, berakhlak mulia, dan selalu dekat dengan Allah,” kata Heather yang kemudian disambut tepuk tangan meriah.

Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Kongres IPM ke-23 dengan pesan yang jelas bahwa pemuda memiliki peran besar dalam kemajuan bangsa. Dalam gestur yang tak terlupakan, untuk menandai pembukaan Konferensi IPM ke-23, Presiden Jokowi melakukan dakening yang membuat para peserta heboh.

READ  Jadwal Piala AFF U-19 2022 Hari Ini: Timnas U-19 Indonesia vs Thailand, Vietnam vs Brunei: Okeson Bola

Acara semakin semarak dengan penampilan Surya Sura UMSU yang membawakan lagu tema Mukhtamar berjudul “Aara Kida”. Tarian multietnis Sumatera Utara yang dibawakan oleh mahasiswa UMSU dan SMA Muhammadiyah 2 Medan juga menjadi sorotan utama acara yang menampilkan kekayaan budaya Indonesia. Pertunjukan seni bela diri oleh Tabak Susi dan Brandon dari Budera Muhammadiyah Pinchai menutup pembukaan Konferensi IPM ke-23.

Konferensi IBM ke-23 di Medan menjadi momen tak terlupakan dalam perjalanan pendidikan Islam di Indonesia. Dengan semangat “Menuju Era Baru”, mahasiswa Muhammadiyah bersatu padu mendorong perubahan dan kemajuan positif bagi bangsa.

Hit: 2780