Juli 4, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Teleskop Luar Angkasa Hubble telah menemukan sesuatu yang 'aneh' di alam semesta

Ilmuwan mengatakan lubang hitam supermasif mungkin berperan dalam kematian galaksi

Pada titik tertentu, sebagian besar pembentukan bintang di galaksi tiba-tiba berhenti.

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta – Galaksi Bima Sakti tidak terlalu aktif. Namun, setiap tahun, galaksi menghasilkan tiga hingga empat matahari baru sebagai bintang di seluruh tubuh spiralnya. Bintang-bintang dari segala usia tersebar di seluruh galaksi.

Namun, ada beberapa galaksi yang tidak aktif, seperti galaksi elips, di mana sebagian besar pembentukan bintang telah lama berhenti. Di galaksi-galaksi ini, lebih sedikit bintang dari usia tertentu atau sangat sedikit bintang yang dapat ditemukan.

Ini menunjukkan bahwa pada satu titik sebagian besar pembentukan bintang berhenti tiba-tiba dan galaksi bersinar perlahan selama bertahun-tahun.

Bagaimana tepatnya pembentukan bintang berhenti di galaksi yang halus dan hampir tanpa sifat ini masih menjadi misteri. Namun, para astronom percaya ini ada hubungannya dengan itu Lubang hitam terbesar Ditemukan di pusat setiap galaksi.

Sekarang di Chokendai, Jepang, tim astronom internasional yang dipimpin oleh Key Ito dari University of Advanced Study sedang melihat kembali alam semesta awal untuk menemukan jawabannya.

Menggunakan beberapa teleskop paling kuat di dunia, para ilmuwan telah mengumpulkan data melalui berbagai panjang gelombang cahaya untuk mengidentifikasi galaksi yang menempuh perjalanan antara 9,5 miliar dan 12,5 miliar tahun cahaya di teluk ruang-waktu.

Langkah pertama adalah menggunakan data optik dan inframerah untuk mengidentifikasi galaksi tempat pembentukan bintang berlangsung dan galaksi tempat pembentukan bintang berhenti.

Dilaporkan dari ilmuwan, Rabu (1/6/2022), Langkah selanjutnya adalah mengetahui fungsi lubang hitam terbesar menggunakan data sinar-X dan radio. Ini adalah metode yang para astronom percaya bahwa pembentukan bintang akan dihancurkan.

Ketika lubang hitam raksasa aktif, ia menelan sejumlah besar material dari ruang di sekitarnya. Proses ini macet, menghasilkan apa yang secara kolektif disebut “umpan balik”.

READ  Ahli Paleontologi dan Geologi Merekonstruksi Reptil Laut Purba - Semua Halaman

Kita semua tahu bahwa fenomena lubang hitam adalah tidak ada yang bisa muncul dari luar cakrawala, tetapi ruang di sekitarnya adalah hal yang berbeda. Materi berputar di sekitar lubang hitam, seperti air yang bersirkulasi di saluran pembuangan. Gravitasi dan gesekan menghasilkan pembakaran radiasi yang intens di alam semesta.