April 22, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Jangan mengunduh Clubhouse Android melalui situs tidak resmi yang berisi Trojan

KONTAN.CO.ID – Jangan mengunduh Clubhouse Android melalui situs tidak resmi! Ini berisi Trojan, yang berbahaya dan dapat mencuri data pribadi pengguna Android.

Sejak menjadi aplikasi virus beberapa waktu lalu, Clubhouse telah menarik perhatian warga dunia maya. Sayangnya, hingga saat ini Clubhouse baru tersedia di iOS (iPhone), dan pengguna Android belum dapat mencoba aplikasinya.

Memanfaatkan momen ini, platform Android Clubhouse tidak resmi beredar. Pengguna diduga dapat membuka situs ini Unduh bahasa Tamil Clubhouse dan Android.

Sayangnya, situs tidak resmi ini sangat berbahaya. Salah satu peneliti Perangkat lunak perusak Dari ESET, Lucas Stephenko menemukan bahwa situs tersebut telah dicolokkan Perangkat lunak perusak.

Kutipan dari situs resmi Velive Security, ESET telah mengungkapkan bahwa situs clubhouse palsu telah dimasukkan dengan Trojan “BlackRock”. Trojan itu sendiri adalah sebuah tipe Perangkat lunak perusak Ini sering digunakan oleh individu yang ingin mencuri berbagai informasi tentang korban atau target yang dituju.

Seperti Trojan pada umumnya, “BlackRock” menyamar sebagai aplikasi Clubhouse versi Android. Jika aplikasi diinstal pada ponsel Anda, tidak mungkin untuk menargetkan data pribadi Anda Perangkat lunak perusak Itu.

Dikatakan bahwa data login korban Trojan dapat dicuri dari setidaknya 458 layanan online. Aplikasi keuangan daftar target, aplikasi belanja populer, pertukaran mata uang kripto dan media sosial dan Gang Mengirim pesan.

Baca juga: Clubhouse akan hadir di Android, lihat cara bergabung

Beberapa di antaranya adalah Twitter, WhatsApp, Facebook, Amazon, Netflix, Outlook, eBay, Plus 500, Aplikasi Tunai, BPVA, dan Lloyds Bank.

Situs ini sangat sulit dibedakan. Hanya saat mengunjungi halaman dengan alamat joinclubhouse[.]mobi, Anda dapat yakin bahwa ini adalah situs palsu.

“Setelah mengklik Dapatkan di Google Play, aplikasi akan otomatis diunduh ke perangkat pengguna. Sebagai gantinya, situs web yang sah selalu mengarah langsung ke Google Play,” kata peneliti Stephenco. Perangkat lunak perusak Siapa yang menemukan situs web Clubhouse palsu.

Alamat asli situs resmi Clubhouse joinclubhouse.com, Berbeda dengan situs palsu yang beredar. Meskipun tampilannya sangat mirip, Anda harus waspada terhadap situs Android Clubhouse tidak resmi.

Baca juga: Telegram hadir dengan fitur seperti clubhouse, Anda dapat mendengarkan obrolan luar biasa tentang berbagai topik

Bagaimana cara menghindari serangan Trojan ini?

Setelah mengunduh dan menginstal Clubhouse Android dari situs tidak resmi, Trojan akan mencuri identitas korban ketika mereka membuka beberapa aplikasi.

Salah satu cara untuk meningkatkan keamanan di ponsel Android Anda adalah dengan memastikan menggunakan otentikasi dua faktor berbasis SMS (2FA). Dengan mengaktifkan fitur keamanan ini, setidaknya ini akan membantu mencegah siapa pun meretas akun Anda.

Clubhouse telah mengumumkan bahwa Clubhouse versi Android sedang dikembangkan. Tidak di masa depan, Clubhouse versi Android pasti akan datang dalam beberapa bulan.

READ  Apple menawarkan layanan transfer foto dari iCloud ke Google