Maret 3, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Kimia UAS Pertanyaan: Aplikasi dan Produksi Komponen Kimia Halaman Semua

KOMPAS.com – Amonia digunakan sebagai bahan peledak dalam pengobatan, produksi nilon, produksi rayon, pupuk tanaman, bahan bakar dll.

Aluminium digunakan sebagai struktur konstruksi dan sebagai bahan dasar pabrikan pesawat terbang karena strukturnya yang kuat, tahan karat, tetapi ringan.

Tapi tahukah Anda bagaimana amonia dan rayon diproduksi dalam skala besar di industri? Untuk mengetahui proses produksi kedua, simak pembahasan berikut ini!

Pertanyaan dan Diskusi

1. Friedrich Voller membuktikan bahwa senyawa organik dapat dibuat dari senyawa anorganik. Penemuan ini didasarkan pada penemuan urea …

Menjawab: Amonium sianida

Laporan dari Encyclopedia Britannica, Friedrich Wohler adalah seorang ahli kimia Jerman yang dapat memproduksi urea di laboratorium tanpa ginjal, atau orang pertama yang membuat senyawa organik dari senyawa mineral.

Proses pembentukan senyawa organik amonia diawali dengan pembentukan timbal sianat dan amonia sianida dari amonia, yang bereaksi dengan air:

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI
Reaksi persiapan urea di laboratorium

Reaksi timbal sianat dan amonia kemudian menghasilkan amonium sianat. Amonium sianida terurai menjadi amonia dan asam sianat saat dipanaskan membentuk urea atau (NH2) 2CO.

Baca juga: Penggunaan dan produksi komponen kimia dan senyawanya

Laporan dari Molekul bulan iniDalam kehidupan manusia, urea digunakan sebagai bahan baku pemanas obat, pembuatan resin, pemisah senyawa dalam industri, dan pupuk tanaman.

2. Jelaskan cara membuat aluminium!

Menjawab:

Aluminium merupakan salah satu unsur logam yang melimpah di bumi. Aluminium dipotong dari bumi dan diperoleh kembali dalam bentuk oksidanya dan disebut bijih bauksit.

Produksi aluminium di industri dilakukan dengan ekstraksi orat bauksit dari aluminium oksida atau bubuk putih alumina. Bubuk putih aluminium oksida kemudian diubah menjadi aluminium Hall-Herald.

READ  Telegram kini memiliki fitur obrolan suara yang mirip dengan Discord

Laporan dari BBC, Proses Hall-Herald dimulai dengan peleburan bijih bauksit, yang diubah menjadi bubuk aluminium oksida pada suhu sekitar 2000செல்C.

Penjelasan kimiawiFREEPIK Penjelasan kimiawi

Bubuk aluminium oksida putih kemudian dilebur dan dilarutkan dalam kriolit cair untuk elektrolisis.

Baca juga: Daftar komponen kimia berdasarkan nama

Aluminium oksida cair dan kriolit dielektrolisis untuk mendapatkan logam aluminium murni dan dilepaskan dari kontaminan dengan reaksi berikut:

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI
Reaksi elektrolisis aluminium oksida

Aluminium oksida (AL2O3) dan kriolit (C) mengalami listrik tinggi, yang memutus ikatan aluminium dan oksigen dalam aluminium oksida.

Oksigen yang dilepaskan dari aluminium oksida bereaksi dengan atom karbon kriolit membentuk gelembung karbon dioksida di anoda.

Aluminium oksida yang kehilangan oksigen berubah menjadi aluminium cair murni, yang kemudian mengendap di dasar sel elektrolisis. Sifat aluminium yang kuat dan ringan menjadikan aluminium sebagai bahan untuk kapal dan pesawat terbang.

Aluminium banyak digunakan pada pagar rumah, rangka atap dan lembaran aluminium foil.

Baca juga: Sifat Sifat Kimia