April 21, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Kandidat Exoplanet Des-Observed. [NASA]

NASA Planet Hunter memata-matai 2.200 kandidat planet ekstrasurya

Suara.com – Pesawat luar angkasa NASA Dirancang untuk menemukan planet asing, misi dua tahun pertamanya mampu memata-matai lebih dari 2.200 kandidat eksoplanet Ilmuwan baru belajar.

Satelit Survei Exoplanet Transit (Des), Pekerjaan ini diluncurkan pada April 2018 dan dirancang untuk menghabiskan waktu dua tahun untuk meneliti area langit yang luas.

Setiap bulan, pesawat luar angkasa berubah menjadi bidang bintang di luar angkasa dan mengalami penurunan karakteristik kecerahan yang disebabkan oleh perpotongan planet antara bintang dan teleskop.

Dalam daftar baru, astronom memberikan gambaran lengkap dari banyak kandidat planet yang diidentifikasi oleh TESS selama dua tahun pertama misinya.

Baca juga:
NASA akan meluncurkan satelit pemantau perubahan iklim dan bencana Bumi

Untuk membuat daftar baru, lusinan ilmuwan mengeksplorasi pengamatan TESS terhadap lebih dari 16.000 target untuk menyaring calon planet untuk jenis peristiwa lain dan mampu menemukan 2.241 planet asing yang potensial.

Para peneliti melakukan eksperimen awal untuk menilai kandidat planet ini dan menangkap lebih dari 500 kasus lain yang menyamar sebagai planet asing.

Kandidat Exoplanet Des-Observed. [NASA]

Peristiwa buruk ini terkadang diciptakan oleh aktivitas luar angkasa. Para ahli mengatakan mungkin ada lebih banyak eksoplanet semu saat memeriksa kandidat planet secara lebih rinci.

Para ilmuwan akan memastikan bahwa pengamatan tersebut benar-benar mewakili sebuah planet, yang menegaskan planet tersebut.

Untuk memastikan kandidat Exoplanet, seseorang harus mengukur ukuran dan massa suatu objek, untuk memastikan bahwa itu memang sebuah planet, bukan fenomena lain.

Baca juga:
Rp. Dengan hadiah $ 7,2 miliar, NASA sedang mencari ide pengiriman makanan di Mars

Hingga saat ini, para ilmuwan telah mengkonfirmasi hanya 120 kandidat yang ditemukan di daftar TESS.

READ  SpaceX membatalkan uji peluncuran prototipe roket Mars

“Ini adalah karya luar biasa yang memiliki banyak kandidat eksoplanet untuk dijelajahi di komunitas selama bertahun-tahun,” kata Jesse Christian, ilmuwan di Institut Sains Exoplanet NASA. Space.com, Kamis (1/4/2021).

Dari semua planet baru yang mungkin, beberapa memiliki fitur yang lebih menarik. Misalnya, planet sub-Neptunus Pi Mensei C, yang mungkin memiliki atmosfer tebal, adalah penemuan pertama dari misi Tes.

Planet ekstrasurya lainnya adalah TOI 700, planet pertama yang diidentifikasi oleh TESS dan diperkirakan seukuran Bumi dan mengorbit di zona layak huni bintangnya.

Deskripsi Exoplanet. [Shutterstock]
Deskripsi Exoplanet. [Shutterstock]

NASA berencana untuk memperpanjang pesawat ruang angkasa itu selama dua tahun, mengoperasikan pesawat itu hingga September 2022.

Tabel baru dijelaskan dalam makalah yang diunggah ke server pracetak arXiv.org pada tanggal 23 Maret.