Januari 27, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Penampil: Link Win Win Solution Kozek-Tocopedia … Halaman Semua

Jakarta, Kompas.com – Institut Senior Ekonomi untuk Pembangunan Ekonomi dan Keuangan (INTEF) Aviliani Menilai Tautan Dua Mulailah Memiliki status decacorn dan unicorn, yaitu Kojek Dan Tocopedia Akan berdampak positif bagi konsumen.

“Terkait proyek merger antara Tokopedia dan Kozak Sukses adalah solusi sukses. Kalau melihat konsumen yang mendapat banyak keuntungan dari merger kedua perusahaan ini, ”ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (11/1/2021).

Menurut Aviliani, ekosistem bisnis ini akan dikembangkan secara mandiri dengan berlatar belakang Tokopedia yaitu platform jual beli barang, sedangkan Kozak memiliki transportasi, makanan dan jasa lainnya.

Baca juga: Menggabungkan proyek, Kozak dan Tocopedia dikabarkan akan menjadi Compact of Silence

“Itu hanya menjadi perhatian kami saat itu Perdagangan elektronik. Dengan merger, mereka berdua akan tumbuh lebih besar, ”ujarnya.

Tidak hanya itu, ada potensi ekosistem digital yang kuat akan muncul dari penggabungan dua perusahaan yang dioperasikan oleh Kozak, yang dalam waktu dekat akan menjadi salah satu pemilik Bank Jaco.

“Sehingga toko-toko di Tokopedia bisa dengan mudah mendapatkan pinjaman dari bank. Akan dibangun ekosistem digital,” ucapnya.

Aviliani mengatakan, tanpa kerjasama akan sangat efisien karena membutuhkan investasi yang sangat besar di masing-masing pihak.

“Sementara itu, join force akan cepat tercipta. Jadi kalau mau jual sebagian saham ke Kozak pasti diuntungkan dengan mendapatkan banyak data dari Tocopedia karena bisa pinjam. Penjual Di Tocopedia, ”jelasnya.

Namun, dampak dari link ini akan bergantung pada lebih banyak faktor baik konsumen maupun perekonomian negara, salah satunya adalah jenis dan asal produk yang dijual di Tocopedia.

Baca juga: Akankah Kozek bergabung dengan Togopedia?

Dermaga. Tocopedia Tocopedia

“Sisi ekonomi sangat bergantung pada optimal tidaknya penjualan domestik di Togopedia. Soal impor memang tidak banyak untung,” kata Aviliani.

READ  3 Berita Techno Teratas Kemarin: Variasi Covit-19 Baru, Bintang Natal, Tentara Bionik

Oleh karena itu, ia menegaskan perlu lebih banyak perhatian dan pengawasan untuk mengurangi volume barang yang masuk ke dalam negeri, khususnya barang konsumsi guna mengurangi barang impor.

“Cuma kalau diimpor buat apa? Kalau di sini tidak ada produksi, nilai tambahnya kecil,” ujarnya.

Baca juga: Kozak dan Tokopedia dikatakan telah bergabung, dengan saham Jaco Bank meningkat