Mei 7, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Potret NASA tentang ledakan Gunung Levodolo di NDT, yang merupakan hasilnya

Jakarta

Salah satu satelit milik badan antariksa NASA Abadikan momen ledakan besar Gunung Levodolo Di Nusa Tenkara Timur (NDT) Kabupaten Lembata beberapa hari lalu. Jika dilihat dari luar angkasa, asap tebal mengepul dari ledakan tersebut.

Pada Minggu (29/11) dari Andara, Devi Kamil Siyapana, kepala subdivisi mitigasi vulkanik untuk wilayah timur ESTM, mengatakan hujan abu-abu turun di bagian barat dan selatan gunung berapi. Akibat hujan kelabu ini, penduduk setempat digusur secara mandiri ke Lovoleba.

“Ya, letusan saat ini lebih tinggi 4.000 meter dari puncak, lebih tinggi dari sebelumnya. Aktivitas magnet di Levodolol bahkan lebih besar. Lembotta, Nusa Tengara Timur (NDT) yang berlangsung pada Jumat, (27/11).

Beberapa menit setelah letusan, satelit Terra memiliki instrumen yang disebut Spektroradiometer Inframerah. NASA Rekam momen itu. Dibagikan oleh Laboratorium Bumi NASA, itu disebut mekar abu-abu tebal, yang menutupi sebagian pulau.

Foto Foto Satelit NASA Indonesia: NASA

“Pada 29 November 2020, ledakan dahsyat menghembuskan abu dan gas ke udara di Gunung Lavatolo Appli di Pulau Lombata di Indonesia,” kata NASA seperti terlihat di situsnya, Kamis (3/12/2020).

“Asap mencapai ribuan meter, sehingga pihak berwenang menutup bandara lokal dan mengeluarkan peringatan udara di wilayah tersebut,” tambah NASA.

Gunung berapi ini berada di ketinggian 1.423 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sejak 7 Oktober 2017, level tersebut dinaikkan menjadi waspada karena peningkatan aktivitas seismik yang terkait dengan pergerakan magma, gempa tektonik lokal (DL), gunung berapi dalam (VA) dan gunung berapi dangkal (VP).

Namun setelah terjadi peningkatan yang cukup signifikan, letusan gunung tersebut tidak terjadi karena tekanan yang tidak memadai. Jadi, seiring waktu, tekanan terus menumpuk, dan sekarang cukup untuk meledak, jelas Davy. NASA Juga merekam kejadian tersebut.

READ  Saking kreatifnya, tulisan di Warung Choto ini membuat publik Ngelus Dada

Tonton videonya “Detik untuk meluncurkan misi SpaceX ke stasiun luar angkasa
[Gambas:Video 20detik]
(fyk / fay)