April 21, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Deskripsi Gerhana Bulan.  (Buka kemasan / Martin Adams)

Selesai, ini jadwal gerhana bulan dan matahari 2021

Cincin gerhana matahari. (Shutterstock)

Hitechno.com – Fenomena alam Selalu menarik untuk meninjau apa yang sedang terjadi. Termasuk Gerhana bulan Dan gerhana matahari Itu terjadi hampir setiap tahun. Untuk itu, tanyakan Jadwal Gerhana 2021.


Pada tahun 2021, gerhana bulan dan matahari dilaporkan memiliki banyak fenomena alam. Jadi kapan saja, lihat jadwal gerhana tahun 2021?


Jadwal terjadinya gerhana bulan 2021 akan terjadi di masa yang akan datang. Selama meja Gerhana matahari tahun 2021 Bisa dialami dua kali dari permukaan bumi.


Jadwal gerhana tahun 2021 adalah sebagai berikut: Tanggal pencatatan gerhana bulan dan matahari!


1. Gerhana bulan total


Peristiwa yang terjadi pada 26 Mei 2021 ini merupakan gerhana bulan total di mana posisi Bulan terhalang oleh payung gelap Bumi. Hawaii disebut-sebut sebagai tempat terbaik untuk melihat fenomena alam ini karena posisinya di tepi Pasifik.


2. Cincin gerhana matahari


Gerhana matahari melingkar terjadi pada tanggal 10 Juni 2021. Gerhana adalah peristiwa yang terjadi ketika Bumi, Bulan, dan Matahari berada dalam satu garis lurus, di mana cakram bulan yang terlihat dari Bumi lebih kecil dari Cakram Surya.


Yang terjadi selama gerhana matahari cincin adalah kehilangan cahaya pada siang hari dan menunjukkan bahwa itu adalah malam hari, sayangnya fenomena ini hanya ditemukan di Kanada, Greenland barat laut dan Siberia timur laut.


Deskripsi Gerhana Bulan. (Buka kemasan / Martin Adams)


3. Gerhana matahari total


Gerhana matahari total terakhir yang terjadi pada 4 Desember 2021 merupakan peristiwa langka karena merupakan salah satu fenomena alam yang paling istimewa dari semua fenomena alam lainnya.

READ  Laba-laba merayap misterius di Mars, begitulah penjelasan para ilmuwan


Fenomena alam ini terjadi di banyak belahan dunia, dan ketika terjadi gerhana matahari total, sinar bulan mengaburkan semua sinar matahari yang masuk ke bulan seiring posisi bumi, bulan dan matahari sejajar.


Setelah kamu mengetahui jadwal gerhana bulan dan gerhana matahari tahun 2021, simak ulasan lengkapnya mengenai gerhana bulan dan gerhana matahari berikut ini.


Gerhana bulan


Gerhana bulan adalah peristiwa ketika posisi bumi berada di antara matahari dan bulan, dan proses ini terjadi saat bulan memantulkan sinar matahari. Pantulan sinar matahari membuat bulan bersinar di malam hari.


Namun, saat terjadi gerhana bulan, bayangan bumi jatuh di permukaan bulan, bukan di sinar matahari


Jenis gerhana bulan:


  1. Gerhana bulan Total
    Saat fenomena ini terjadi, bayangan Bumi akan mengaburkan Bulan dan posisinya akan sejajar dengan Matahari dan Bulan
  2. Gerhana bulan parsial
    Saat gerhana ini terjadi hanya sebagian bulan yang berada dalam bayangan bumi, dan apa yang tampak dari bumi tergantung dari posisi bumi, matahari dan bulan.


Cincin gerhana matahari.  (PMKG)
Cincin gerhana matahari. (PMKG)


gerhana matahari


Gerhana matahari adalah saat posisi bulan berada di antara bumi dan matahari, dan saat bulan bumi dan matahari berada dalam satu garis lurus, bayangan bulan jatuh ke bumi dan mengaburkan sinar matahari.


Jenis gerhana matahari:


  1. Gerhana matahari total
    Saat gerhana matahari ini terjadi sinar matahari akan mati total
  2. Gerhana matahari parsial
    Saat puncak gerhana matahari, piringan matahari sebagian tertutup
  3. Cincin gerhana matahari
    Jika cakram Bulan terletak tepat di depan cakram Matahari, cakram penuh Bulan tampak seperti cincin bercahaya.
  4. Gerhana matahari parsial atau hibrid
    Gerhana ini hanya terjadi di bagian bumi, menunjukkan gerhana bulan total di satu sisi dan cincin radiasi di sisi lain.
READ  Rahasia Alam Semesta: Ternyata pelangi terbaik di dunia ada di Hawaii

Jangan lupa untuk menulis tanggal dan menonton acaranya, jika Anda tidak dapat menontonnya secara langsung, Anda dapat mengalirkannya di situs web resmi NASA.


Ini adalah jadwal terjadinya gerhana matahari dan bulan pada tahun 2021. Semoga bermanfaat! (Suara.com/ Thea Alif Pathika).