Juli 18, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Tingkat Dewa Hoki, sejarawan menggunakan detektor logam untuk menemukan harta karun

Tingkat Dewa Hoki, sejarawan menggunakan detektor logam untuk menemukan harta karun

Jakarta

Keberuntungan ada di pihak sejarawan Belanda ini. Dia berhasil menemukan harta karun itu menggunakan detektor logam.

Pada Senin (13/3/2023) Lorenzo Ruiter (27), seorang sejarawan Belanda, menemukan timbunan emas abad pertengahan berusia 1.000 tahun, lapor CNN. Dia menemukan 4 medali emas (anting-anting), dua daun emas dan 39 koin perak. Hal itu diumumkan Museum Purbakala Nasional Belanda (Rijksmuseum van Oudheden) Kamis lalu.

Ruijter telah berburu harta karun sejak dia berusia 10 tahun. Dia menemukan harta karun itu di kota kecil Hookwood di utara pada tahun 2021 menggunakan detektor logam.

“Menemukan sesuatu yang berharga ini sangat istimewa, saya tidak dapat menggambarkannya. Saya tidak pernah menyangka akan menemukan sesuatu seperti ini,” kata Ruiter. Dia menambahkan bahwa sulit untuk merahasiakan penemuannya selama dua tahun.

Harta karun berusia 1.000 tahun ditemukan di Belanda Foto: (Archaeology West-Friesland/Reuters)

Setelah penemuan itu, para ahli dari National Museum of Antiquities meluangkan waktu untuk membersihkan, memeriksa, dan menentukan tanggal harta karun itu. 1250 diperkirakan sebagai koin.

“Perhiasan emas abad pertengahan sangat langka di Belanda,” kata pihak museum.

Mengapa permata ini dikuburkan masih menjadi misteri. Museum menduga ada pertempuran pertengahan abad ke-13 antara wilayah Belanda di West Friesland dan Belanda yang berpusat di sekitar Hookwood.

Ruiter mengatakan seseorang yang berkuasa pada saat itu mungkin telah mengubur barang-barang berharga sebagai cara untuk melindunginya, berharap untuk menggalinya ketika sudah aman kembali.

Mengenai kondisi harta karun yang ditemukan Ruijter, penghargaan kepada museum karena memajangnya. Secara resmi pemiliknya adalah sang penemu, yaitu Lorenzo Ruiter.

READ  5 Negara Paling Aneh di Dunia

Tonton videonya”Permintaan maaf Belanda untuk 250 tahun perbudakan
[Gambas:Video 20detik]
(sim/sim)