Mei 14, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Urutan peristiwa langit menarik di akhir tahun 2020, cek tanggalnya

Jakarta, iNews.id – Tahun berubah dengan cepat. Hingga akhir tahun 2020, terdapat banyak kejadian langka yang dapat disadari oleh pengamat angkasa.

Desember ini, penghuni Bumi akan berkesempatan untuk menyaksikan dua peristiwa hujan meteor, dan akan ada hubungan super antara Jupiter dan Saturnus. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah sebuah array Fenomena langit Informasi astronomi, singkatnya mulai Senin (7/12/2020) hingga akhir tahun 2020.

Menghubungkan Bulan dengan Venus: 13 Desember 2020

Pada tanggal tersebut, penduduk Bumi berkesempatan untuk melihat kedekatan Bulan dengan planet Venus. Saat ini, Venus sedang menjadi ‘bintang pagi’. Jadi dia akan muncul di langit timur sebelum matahari.

Sekarang, pada saat konjungsi ini, Bulan dan Venus berjarak 1 derajat satu sama lain, atau selebar ujung jari kelingking. Dengan kata lain, fusi ini membuat kedua benda langit ini tampak sangat dekat dengan pandangan Bumi.

Hujan Meteor Gemini: 14 Desember 2020

Gemini memiliki hujan meteor terbaik setiap tahun. Inilah salah satu hal yang membuatnya hebat, karena intensitas di puncaknya bisa mencapai 120 meteor per jam, di situlah polusi cahaya dan cuaca cerah paling terlihat.

Gerhana matahari total: 14 Desember 2020

Gerhana matahari total ini tidak bisa diamati di Indonesia. Hanya akan ada dua negara yang melintasi jalur perlawanan total, yaitu Chile dan Argentina. Gerhana matahari total di sana akan dimulai dari pukul 23.01 WIB hingga 23.06 WIB, sehingga masyarakat Indonesia tidak akan bisa melihatnya.

Penulis: Dini Listiani

READ  Jika Juvita Bahar menyadari bahaya kekurangan karbohidrat yang dialami, bisa memicu koma