Juli 18, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

(VIDEO) Aktivis Belanda dirajam saat aksi sobek halaman Alquran Eramuslim

(VIDEO) Aktivis Belanda dirajam saat aksi sobek halaman Alquran Eramuslim

Eramuslim.com – Seorang aktivis sayap kanan Belanda merobek Alquran selama protes baru-baru ini di luar Kedutaan Besar Turki di Den Haag kemarin. Pemerintah Belanda mengutuk keras langkah tersebut, tetapi menegaskan tidak memiliki kekuatan untuk membatasi kebebasan berekspresi.

Edwin Wagensveld, yang memimpin kelompok sayap kanan Pegita, bersama dua orang lainnya, menodai kitab suci tersebut.

Tindakannya menyebabkan polisi memblokir akses ke kedutaan, sementara puluhan pengunjuk rasa memprotes tindakan Wagensveld. Beberapa dari mereka melempari Wagensveld dengan batu sambil merobek halaman Alquran satu per satu.

Saat dia meninggalkan kawasan Wagensveld, beberapa pengunjuk rasa berusaha mengejarnya, dan sekitar 20 polisi berseragam lengkap berusaha memadamkan kerusuhan.

Sebelumnya, Menteri Kehakiman Belanda Dilan Yesilkov, seorang Turki, menggambarkan rencana penghancuran Al-Qur’an sebagai “kuno dan menyedihkan”.

Pada bulan Januari Wagensveld melakukan hal yang sama dan membandingkan Alkitab dengan buku ‘Mein Kampf’ tentang Adolf Hitler.

Dalam perkembangan lain, polisi Swedia menangkap seorang wanita yang menyemprot aktivis anti-Islam Salwan Momika dengan alat pemadam api saat dia membakar Alquran di luar kedutaan Iran di Stockholm.

Rekaman video menunjukkan wanita itu berlari ke arah Salwan dan menyemprotnya dengan alat pemadam api. Polisi kemudian menghentikan dan menangkap wanita itu.

Demonstrasi Salwan terhenti oleh aksi perempuan tersebut, namun ia tetap melanjutkan aktivitasnya. Wanita itu ditangkap karena menghalangi polisi dan polisi, kata polisi.

(Hidayatullah)

READ  Viral 2 wanita jatuh dari ayunan tebing, dan inilah yang terjadi