Mei 15, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Bulan di titik Perigee. [in the Sky]

5 event ski menarik bisa disaksikan mulai Februari 2021 Indonesia

Suara.com – Februari 2021 memiliki banyak warna Fenomena langit Menarik. Laporan dari Di langitBerikut lima peristiwa langit yang akan terjadi pada Rabu (3/2/2021), Februari 2021:

1. Bulan di titik Perigee

Pada 4 Februari, bulan akan mencapai tujuannya di Bumi. Perigee digunakan untuk menggambarkan posisi Bulan di titik terdekat dengan Bumi. Pada saat itu, bulan akan tampak sedikit lebih besar.

Jarak Bulan dari Bumi bervariasi karena orbitnya tidak benar-benar melingkar, melainkan bergerak dalam jalur yang disebut oval dan elips.

Baca juga:
Fakta bulan purnama di atas Ka’bah 29 Januari 2021

Saat Bulan melintasi orbit elips ini mengelilingi Bumi setiap bulan, jaraknya bervariasi sekitar 10 persen, dari 363.000 km hingga 405.000 km.

Bulan di titik Perigee. [in the Sky]

Sudut bulan dan kecerahannya bervariasi berdasarkan faktor yang sama.

Jangka waktu kembali dari siklus bulan dari Perigee (dekat) dan Apogee (jauh) adalah 27.555 hari.
Perigee terjadi saat Bulan berada di kuartal terakhirnya pada tanggal 4 Februari, saat satelit alami muncul di langit pagi.

Saat ini, jarak Bulan ke Bumi hanya 370.000 km dan memiliki diameter sudut 32,27 busur.

2. Hujan meteor Alpha Centauri

Baca juga:
Besok malam kamu bisa melihat bulan serigala di langit, begini caranya!

Hujan meteor alpha sentrifugal akan aktif mulai 28 Januari hingga 21 Februari, dengan puncak hujan meteor terjadi pada 8 Februari.

Pengunjung dapat melihat meteorit alpha centaurite di galaksi Centaurus yang terletak di langit selatan, yang memiliki enam meteor setiap enam jam.

Titik radian hujan meteor sentrifugal alfa akan naik pada tengah malam. Terlihat pada pukul 21:50 WIB dan aktif hingga pukul 05:34 WIB.

Pengamatan tidak membutuhkan teleskop, tetapi harus dilakukan di tempat yang benar-benar gelap dengan polusi cahaya minimal dan cuaca cerah.

READ  NASA menamai situs tersebut setelah ketekunan mendarat dari nama penulisnya, inilah alasannya

3. Koneksi Bulan dan Saturnus

Pada 10 Februari, Bulan akan lebih dekat 3 derajat ke Bulan daripada Saturnus.

Pasangan kosmik akan terlihat saat fajar, 04:55 WIB atau 4 menit 1 jam sebelum matahari terbit 05:44 Capai ketinggian 10 derajat dari ufuk timur sebelum menghilang pada WIB.

Februari 2021 Bulan dan Saturnus bergabung. [In the Sky]
Februari 2021 Bulan dan Saturnus bergabung. [In the Sky]

Bulan dan Saturnus ada di Capricorn. Secara kasat mata, planet yang melengkung hanya tampak sebagai bintang kuning cerah yang berkelap-kelip di dekat bulan.

Jika Anda ingin melihat detil cincin Saturnus, Anda membutuhkan bantuan teleskop.

4. Koneksi Bulan dan Mars

Beberapa hari setelah berbagi kenaikan yang sama dengan Saturnus, Bulan akan bergabung dengan Planet Merah pada 19 Februari.

Saat itu, bulan akan berada 3 derajat di selatan Mars. Kira-kira secara bersamaan, kedua objek membentuk pendekatan yang dekat.

Pasangan tersebut terlihat pada pukul 18:27 WIB saat langit sore meredup hingga 58 derajat di atas ufuk barat laut.

23:06 Bulan dan Mars tenggelam ke cakrawala pada WIB. Keduanya dapat ditemukan di konstelasi Aries.

5. Bulan purnama

Itu akan ditutup pada akhir Februari dengan acara bulan purnama pada 27 Februari 2021. Saat itu, bulan akan mencapai fase purnama dan berada langsung dari matahari.

Karena berseberangan langsung dengan matahari, ia juga akan mengangkat bulan saat matahari terbenam. Pengunjung bisa mulai menonton ini pada pukul 15:17 WIB.

Urutan bulan purnama sepanjang tahun sering kali dinamai menurut musim. Bulan ini akan menjadi tempat ketiga pada musim dingin tahun 2021, yang disebut Bulan Prapaskah.

Bulan purnama. [Shutterstock]
Bulan purnama. [Shutterstock]

Saat Bulan mencapai fase penuhnya, satelit alami Bumi Leo akan berada di galaksi dan akan muncul sebagai yang tertinggi di Belahan Bumi Utara. Saat itu jaraknya 370.000 km dari Bumi.

READ  Para astronom telah menemukan sinyal menarik dari Proxima Centauri