Mei 15, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Alat pemadam harus di mobil baru, bagaimana cara membuat mobil lama?

Jakarta, Kompas.com – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Perhubungan ( Menteri Transportasi) Diperlukan alat pemadam api ringan ( Muncul) Harus ada peralatan tambahan Kendaraan bermotor Empat roda baru.

Hal ini sejalan dengan banyaknya kecelakaan mobil yang pernah terjadi dalam beberapa tahun terakhir baik di parkir, pengisian bahan bakar maupun berjalan.

Oleh karena itu melalui Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat: KP.972 / AJ.502 / DRJD / 2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat. Kendaraan bermotor, Dapat menekan kecelakaan kebakaran mobil.

Baca juga: Mobil baru harus menggunakan APAR, dan bagaimana perawatannya?

challengeertalk.com Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di dalam mobil.

Namun dalam regulasi yang disahkan pada Februari 2020, penggunaan APAR pada mobil dibatasi pada kendaraan baru. Ini dengan jelas disebutkan dalam Bagian 2 paragraf 2,3 dan 4.

“Betul, mulai tahun ini kami sudah mengeluarkan aturan bahwa setiap mobil baru harus punya APAR,” kata Raisel Vassal, Direktur Prasarana Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan, saat dihubungi. Compass.com, Kamis (14/1/2021).

Bagaimana dengan mobil di tahun produksi di bawah 2021 atau di tahun rilis lama? Ia mengatakan, penerapan APAR pada mobil akan dilakukan secara bertahap.

Pasalnya, penggunaan APAR untuk mencegah penyebaran api pada kendaraan bermotor merupakan pertolongan pertama.

Baca juga: Ini adalah jenis pemadam api yang sempurna untuk mobil, berhati-hatilah karena bisa meledak

Alat Pemadam Api Ringan (APAR)Credito.com/ Radio Hertianto Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

“Bertahap. Wajib buat mobil baru sekarang,” ujarnya.

Selain itu, Dirjen Perhubungan Darat Pudi Sethiadi Kementerian Perhubungan menjelaskan pihaknya telah mengeluarkan kebijakan terkait di Indonesia.

“Alasan kami sekarang mengeluarkan peraturan ini banyak karena aturan ini sudah diberlakukan di banyak negara. Sejak itu jumlah kecelakaan kebakaran terus meningkat sehingga banyak korban jiwa,” jelasnya.

READ  3 Berita Techno Teratas Kemarin: Variasi Covit-19 Baru, Bintang Natal, Tentara Bionik

Baca juga: APAR wajib ada di dalam mobil baru

“Untuk mobil yang diimpor dari banyak negara, penggunaan APAR sudah diterapkan. Bahkan mobil yang kami impor pun sudah dilengkapi dengan alat ini,” tegas Pudi.

Terkait pembelian APAR untuk mobil lawas, kini hanya bisa dilakukan di beberapa lokasi resmi. Dealer resmi untuk berbagai merek Otomatis Saat ini tidak tersedia.

“Sebenarnya bisa membeli APAR dengan dealer resmi. Namun, saat ini belum memungkinkan. Adapun kriteria APAR, Umur, suhu maksimum, Tidak meledak, dan sebagainya, ”kata Pambang Supriyadi, Koordinator Pelaksana Bidang Pelayanan Teknis PD Astra Daihatsu Motor.