November 27, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Asteroid 2020 TY1 melintasi Bumi hari ini

நுசாந்தரத்.காம் – Hari ini, Sabtu (7/11/2020) 2020 sebuah benda langit berupa asteroid TY1 akan bergerak mendekati Bumi.

Menurut astronom amatir Indonesia Marufin Sudipio, asteroid TY1 2020 merupakan asteroid yang dekat dengan Bumi kelas Apollo karena memiliki orbit yang dapat mengganggu orbit Bumi.

Asteroid tersebut akan melakukan perjalanan 14,7 kali atau 5,6 juta kilometer lebih dekat dengan jarak rata-rata Bumi-Bulan di dekat Bumi.

Mengapa asteroid 2020 TY1 diberi nama?
International Astronomical Union memiliki metode untuk mengidentifikasi miniatur benda luar angkasa seperti asteroid dan komet, karena banyaknya penemuan yang mereka buat selama dekade terakhir.

Sementara itu, nama mitis yang ada dalam kebudayaan di muka bumi sangatlah langka.

Ann uMamnia, secara tradisional, digunakan untuk memberi nama mitologis pada benda-benda langit.

Dengan sistem identifikasi ini, para ilmuwan dapat menjamin bahwa sebuah asteroid atau komet itu unik dan tidak tertukar dengan asteroid atau komet lain.

“DOY1 2020, tepatnya pada paruh pertama Oktober 2018 (huruf D) tahun 2020, menunjukkan ditemukan pada 2020,” kata Marufin, Sabtu (7/11/2020).

Antara 1 Oktober dan paruh kedua Oktober, asteroid tersebut menjadi asteroid baru ke-24 yang ditemukan selama periode tersebut.

Bisakah asteroid dilihat dengan mata telanjang?

Meski benda tersebut berukuran sebesar asteroid, Marufin membenarkan bahwa peristiwa tersebut tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

“Secara visual, kami tidak bisa melihatnya. Jadi tidak ada tampilan yang bisa dikenali,” katanya.

Asteroid TY1 2020 berdiameter 106 meter.

Objek ini tidak dapat terlihat karena jaraknya 5,6 juta kilometer dari Bumi.

“Jadi jauh lebih redup dari Pluto dengan tingkat cahaya +18 atau 40 kali lebih terang,” ucapnya.

READ  25 tautan Twibbon untuk Hari Kesadaran Nasional 2022 untuk dibagikan di WhatsApp dan Instagram

Untuk mengamatinya, Anda sangat membutuhkan teleskop dengan cermin obyektif berdiameter 100 cm atau lebih untuk melihatnya di langit yang gelap.

Perihal peristiwa asteroid TY1 2020 melintas di dekat Bumi ini tidak akan berpengaruh pada Bumi karena gravitasi asteroid ini sangat kecil. Demikian dikutip Compass.com.