Februari 27, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Malam Tahun Baru di Mars.

Bulan ini, Selasa, menandai Tahun Baru ke-36, yang semuanya ada di halaman deskripsi

KOMPAS.com – 7 Februari lalu Selasa adalah Tahun Baru Ke-36.

Tunggu sebentar, Mars jelas berusia miliaran tahun. Mengapa hanya ada 36 tahun Mars sejauh ini?

Dari, dikutip Ilmu IFL, Selasa (9/2/2021); Tahun pertama Mars mulai dihitung hanya oleh para ahli pada tahun 1955 setelah badai debu besar di Mars. Selain itu, terdapat perbedaan satuan pengukuran waktu di Bumi dan Mars.

Untuk mengubah tahun di Mars, European Space Agency (ESA) berbagi persamaan dan perbedaan batasan waktu di Bumi dan Mars.

Baca juga: Ini adalah foto Mars pertama yang ditangkap oleh pesawat luar angkasa Tianwen-1 Tiongkok

Satuan waktu di bumi mendefinisikan satu hari sebagai 24 jam. Pasalnya, butuh waktu bagi matahari untuk kembali ke titik tertinggi di langit bumi.

Sedangkan satu hari atau sol Mars sama dengan 24 jam, 39 menit, dan 35 detik, karena ini adalah waktu yang dibutuhkan matahari untuk kembali ke titik tertingginya di langit Mars.

Mars, seperti penjelajah Curiosity NASA, juga menghitung waktu yang dibutuhkan untuk bekerja di Planet Merah berdasarkan waktu Bumi.

Sedangkan satu tahun Mars adalah 668 sol atau sekitar 687 hari Bumi, yang 1,8 kali lebih lama dari satu tahun di Bumi.

Inilah mengapa hari Selasa sekarang merayakan Tahun Baru ke-36.

Ini juga berlaku untuk usia Anda jika Anda tinggal di Mars. Untuk mengetahui berapa umur Anda pada hari Selasa, ukurlah umur pada hari itu, kemudian bagi dengan 1,88. Misalnya, jika Anda berusia 38 tahun di Bumi, Anda akan memasuki Mars di usia dua puluhan.

Bahwa Malam Tahun Baru di Mars.

Musim yang berbeda

Meskipun musim harian dan tahunan di Mars mirip dengan yang ada di Bumi, musim Merah sangat berbeda.

READ  Pertimbangkan tanggalnya, Xiaomi Mi 11 Pro akan diluncurkan tahun depan

Di Bumi, musim disebabkan oleh kemiringan planet. Saat planet mengorbit matahari, belahan bumi menerima lebih banyak cahaya.

Mars memiliki kemiringan 25 derajat, yang mendekati 23,5 derajat Celcius, tetapi musimnya tidak semudah itu. Beberapa musim memiliki korelasi penting dengan bentuk orbit yang lebih panjang dari musim lainnya.

Baca juga: Eksplorasi Harapan Uni Emirat Arab sedang mengorbit Mars bulan depan

Orbit Mars mirip dengan Bumi. Ini sedikit lebih padat, jadi musim semi di Belahan Bumi Utara berlangsung lebih lama daripada musim gugur di Belahan Bumi Utara.

Di musim panas, Planet Mars Bahkan lebih dekat ke matahari. Ini meningkatkan luminositas dan memungkinkan turbulensi menumpuk di atmosfer.

Karena alasan ini, badai debu menjadi ciri khas musim panas Mars, terkadang menutupi seluruh planet.