April 20, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Foto ramainya kapal 'mengambang' di atas permukaan laut.  Bukan hasil edit Anda, ada penjelasannya!

Foto ramainya kapal ‘mengambang’ di atas permukaan laut. Bukan hasil edit Anda, ada penjelasannya!

Baru-baru ini sebuah gambar yang diambil oleh seorang warga negara Inggris menjadi viral dan diselidiki oleh netizen. Pasalnya, jika kapal biasanya berada di permukaan air, maka kapal dalam foto tersebut tampak berada di udara saat berputar di laut lepas pantai Cornwall, Falmouth. Foto ini pertama kali dibagikan oleh seorang pengembang properti di Inggris, David Morris, yang secara tidak sengaja mengabadikan momen tersebut.

Seminggu kemudian, Steven Lomas mengambil foto yang sama dalam perjalanan ke tempat kerja. Ia mengaku dikejutkan dengan kejadian yang sama. Lalu publik bertanya-tanya, mengapa potret kapal itu tampak “terbang”, dan apa alasannya? Berikut ini adalah review yang bisa Anda temukan.

Fenomena kapal “terbang” di perairan Inggris disebut juga sebagai ilusi optik berupa fatamorgana yang ditinggikan akibat perbedaan suhu udara.

Acara Mirage | Kredit: David Morris / melalui BPM Media www.mirror.co.uk

Mengutip dari pesan BBCMenurut ahli meteorologi senior Jen Bartham, perbedaan suhu antara lautan (yang dingin) dan udara di atasnya (yang panas) menyebabkan pembiasan cahaya. Efeknya adalah memantulkan cahaya, sehingga membuat objek tampak melayang.

Kapal itu tampak lebih tinggi dari yang seharusnya, karena otak manusia dan kamera tidak dapat memproses efek suhu yang berbeda terhadap cara pengambilan gambar. Claire Chisowski, seorang peneliti optik di Universitas Glasgow, mengatakan bahwa ketika cahaya bergerak melalui garis lurus, hal itu memungkinkan untuk melihat dalam garis lurus.

Faktanya, fenomena ini sering terjadi di daerah bersuhu rendah, seperti gletser, di mana biasanya terdapat pantulan benda-benda yang berguling-guling di atas gletser. Kejadian ini terjadi karena adanya perbedaan lapisan udara dingin (bawah) dan lapisan udara panas (atas), sehingga bayangan benda dipantulkan kembali ke bawah.

READ  Menemukan meteorit paling terang di balik Politeknik misterius

Terjadinya mukjizat tidaklah istimewa karena bisa dilihat oleh banyak orang yang berbeda dengan ilusi

Potret seperti kapal terbang | Kredit: Facebook: Cole * melalui McCullum saya www.facebook.com

Kapal terbang adalah pemandangan yang biasa dilihat oleh para pelaut, jadi penampilan mereka bukanlah hal baru. Flying Dutchman Berasal dari acara ini. Sebelum virus menjadi viral, Colin McCullum berbagi pada 27 Februari 2021, bahwa saat bepergian di Bonf, Aberdeenshire, dia melihat “kapal apung” merah di cakrawala. Orang tersebut bahkan kaget dan membagikan rekaman tersebut di halaman Facebook-nya.

Komentar lain dikutip Mirror.co.uk, Jika itu ilusi mata. Kemiripan warna laut dan langit Batas warna air laut dan langit tidak dapat dipahami oleh mata kita. Selain itu, area yang tertutup awan di dekat pantai menggelapkan warna air akibat bayangan awan yang terlihat seperti batas air laut. Sedangkan pada bagian kapal yang terjauh dari tepi garis, warna lautnya seperti langit karena tidak tertutup awan. Itu menarik perhatian kita saat sebuah kapal terbang di atasnya.

Nah, itulah interpretasi dari acara Mirage ini. Jadi tidak Flying Dutchman, Koreksi, terutama kejadian aneh, Sohib!