April 18, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Hasil pemilihan Dianulir Myanmar membatalkan kemenangan Suu Kyi

Jakarta, CNN Indonesia –

Hasil Pemilu 2020 Myanmar Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) membatalkan kemenangan partai dan penasihat negara, Aung San Suu Kyi.

Dilaporkan ReutersKeputusan itu diambil dalam rapat Komisi Pemilihan Umum baru yang dibentuk junta militer pada Sabtu (27/2), menyusul pembubaran pemerintahan lama sekaligus persekongkolan.

Pertemuan tersebut dihadiri 60 delegasi dari 53 partai politik di Myanmar. Sedangkan parpol jumlahnya tidak lebih dari 38.


Mereka sepakat membatalkan hasil pemilu 2020. Mereka mengatakan sedang mempersiapkan tahapan pemilihan ulang dan mengumpulkan nama-nama calon pemilih.

KPU berjanji akan menyelenggarakan pemilihan ulang yang bebas dan adil sesuai dengan Konstitusi.

“Empat dari lima partai politik menganggap supremasi hukum di Myanmar bahkan lebih lemah dan menuntut penegakan hukum,” kata Guang Mind Hudun, pemimpin Partai Kongres Nasional Myanmar.

Junta militer Myanmar telah mengumumkan keadaan darurat nasional selama satu tahun setelah kudeta 1 Februari menggulingkan pemerintah sipil. Mereka berjanji akan menggelar pemilihan ulang, meski belum tahu kapan akan digelar.

“Kami mengajukan proposal untuk meninjau kembali sistem pemilu dan merekomendasikan penerapan representasi proporsional dalam pemilu,” kata Yu Aung Jin, sekretaris jenderal Partai Kekuatan Demokrat.

Angkatan Bersenjata Myanmar (TATMATA), dipimpin oleh Jenderal Min Aung Hlung, memerintah pemerintahan sipil pada 1 Februari, dipimpin oleh penasihat Aung San Suu Kyi dan Presiden Win Mint.

Alasan kudeta militer itu untuk mempertahankan mandat konstitusi 2008 dan kontroversi seputar hasil pemilihan umum.

Militer Myanmar kemudian menangkap Suu Kyi dan Win Mint, serta beberapa politisi dari Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang berkuasa.

Min Aung Hlung mengatakan akan mengadakan pemilihan umum yang jujur ​​dan bebas setelah pengumuman berakhirnya keadaan darurat nasional selama satu tahun.

READ  Kanker Otak - Dahlan ISKCON JPNN.com
(CNN Indonesia / Aspahan Yahsi)

Saat ini terdapat dua tuntutan hukum terhadap Sookie, yaitu hak milik dan impor Alat bicara berjalan Ilegal dan melanggar hukum yang berkaitan dengan penanggulangan bencana. Sementara itu, Vin dituduh melanggar etika kesehatan dan undang-undang penanggulangan bencana selama kampanyenya tahun lalu.

Keberadaan dan keberadaan Suu Kyi tidak diketahui saat ini karena dia telah dipindahkan dari tahanan rumah ke lokasi rahasia di ibu kota, Neypita.

(ayp / ayp / ayp)

[Gambas:Video CNN]