Februari 26, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Jika Anda belum lulus uji emisi mobil, apa yang harus Anda lakukan? Semua halaman

Jakarta, Kompas.com – Uji Emisi kendaraan Kendaraan bermotor menjadi salah satu syarat wajib mobil dan motor di atas usia tiga tahun di DKI Jakarta mulai tahun ini.

Jika pemilik tidak mengikuti uji emisi dan tidak lulus akan dikenakan sanksi berupa parkir yang terlalu padat dan / atau tiket Rp 500.000.

Penindakan hukum di jalan tengah dilakukan oleh pihak kepolisian, dalam hal ini Direktorat Angkutan Bolta Metro Jaya dan Perusahaan Angkutan DKI.

Peraturan Menteri Gerbang Emisi Gas Buang No. untuk Kendaraan. Per 05 2006, didasarkan pada parameter volume karbon monoksida (CO) 1,5 persen dan volume hidrokarbon (HC) 200 ppm.

Baca juga: Ingat kembali persyaratan untuk lulus uji emisi kendaraan bermotor

Lingkungan D.K. Larangan uji emisi untuk mobil dan sepeda motor akan berlaku mulai Januari 2021

Perawatan berkala dengan rajin menggunakan bahan bakar sesuai anjuran, untuk mendapatkan emisi gas buang kendaraan yang terbaik, bisa dilakukan dengan berbagai cara karena tidak ada perubahan.

Namun, tidak jarang pemilik kendaraan gagal dalam uji emisi. Pemiliknya juga prihatin jika oli sudah diganti agar pembakaran lebih sempurna.

Jika Anda menikmati ini, Anda bisa melakukan setidaknya dua hal, ”kata Stevens Jasin, pemilik dan manajer Autolab Provis.

Pertama, lakukan interval berkala, termasuk pengecekan filter udara dan busi. feler gaunge.

Baca juga: Cari tahu penyebab utama mobil tidak lolos uji emisi

Uji Emisi Bengkel BMW AstraFoto: BMW Astra Uji Emisi Bengkel BMW Astra

“Khusus untuk mobil Honda, klep harus di-refurb setiap 8.000 km. Kalau rekomendasi pabrikan 10.000 km, tapi Waktu mekanis Beda dengan autometer, jadi disarankan cepat, ”ujarnya Compass.com, Selasa (26/1/2021).

“Jangan lupa bersih-bersih Node Untuk mobil tanpa injeksi atau injeksi langsung. Ini yang sering dilupakan, ”lanjutnya.

READ  'Kejahatan perang' Australia: Tentara elit 'membunuh' 39 warga sipil di Afghanistan

Pembersih menggunakan perangkat ultrasonik untuk menghilangkan kotoran dan kotoran. Rekomendasi berkisar dari 10.000 km hingga 40.000 km.

“Lalu bersihkan filter pompa bensin. Sekarang mobil Saringan bahan bakar Biasanya di tangki bensin bersama dengan filter SPBU, jadi sering terabaikan, ”ujarnya.

Baca juga: Yakinlah, tiket uji emisi kendaraan belum valid

Bengkel Pengujian Emisi KendaraanKOMPAS.com/Ruly Bengkel Pengujian Emisi Kendaraan

Jika ini tidak pernah dibersihkan, ini akan menyebabkan kerak parsial dan oleh karena itu pom bensin perlu diganti.

Kedua, saat komponen mengalami keausan sehingga pembakaran rendah, mesin mobil harus diturunkan sepenuhnya.

Ini karena pada titik ini kompresi kendaraan mulai bocor dan klep tidak terpasang dengan baik. Begitu pun jika memungkinkan Menyesuaikan Tidak perlu lulus uji emisi biasa.

“Untuk memastikan mobil ini tidak turun dari mesin tanpa melepas mesinnya, buka tutup oli saat menghidupkan mesin,” kata Jasin.

Uji emisi gratis di dealer Honda di TKIMesin Honda Prospect / HPM Uji emisi gratis di dealer Honda di TKI

“Jika terlalu banyak uap oli yang keluar, tandanya ring piston dan / atau piston sudah lemah,” imbuhnya.

Jika pemilik ingin lebih percaya diri untuk lulus uji emisi, bisa dilakukan dengan penyetelan mesin Penyesuaian Setengah Game (TUSS).

“Langkah ini untuk meningkatkan efisiensi pembakaran mesin karena ini merupakan tujuan pembakaran yang baik dari semua produsen saat merancang mesin baru,” tutup Jasin.