Februari 26, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Malaysia menyelidiki video yang menghina lagu kebangsaan Indonesia

Jakarta, Kompas.com – Kedutaan Malaysia Pihak berwenang di Jakarta pada Minggu (27/12/2020) mengatakan mereka sedang menyelidiki rilis video yang menghina dia. Lagu kebangsaan Indonesia.

“Kedutaan Besar Malaysia mengetahui video yang menghina Indonesia, yang dikatakan diunggah dari Malaysia,” bunyi sebagian dari pernyataan itu.

Informasi tersebut mewakili video parodi lagu kebangsaan ” Indonesia Raya“Satu menit yang diunggah di YouTube berlangsung selama 31 detik.

Baca juga: Kisah DKW Bela Baby Striker Timnas Malaysia Seumur Hidup

Video tersebut menampilkan lagu kebangsaan Indonesia yang tidak hanya mengubah liriknya dengan frasa yang sama sekali tidak jelas, tetapi juga mengganti lambang negara burung Garuda dengan ayam jantan berlambang Pangasila dengan latar belakang bendera merah putih.

Video akun yang diunggah dengan bendera Malaysia tersebut diketahui sudah beredar sejak dua pekan lalu.

Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta mengatakan di akun Facebook-nya bahwa “Pihak berwenang Malaysia sedang menyelidiki masalah tersebut.”

“Jika diketahui bahwa video ini diunggah oleh warga negara Malaysia, tindakan tegas akan dilakukan sesuai hukum yang berlaku,” tegas Dan.

Baca juga: Kebetulan yang datang dengan Siahrian Abimanyu bermain di Malaysia

Facebook Ketops Malaysia Kedutaan Malaysia di Jakarta memposting di akun Facebook-nya, “Pihak berwenang Malaysia sedang menyelidiki masalah ini.

Kedutaan Malaysia menggarisbawahi pernyataannya “… mengutuk setiap provokasi negatif yang bertujuan mempengaruhi hubungan bilateral yang erat antara Malaysia dan Indonesia.”

Kementerian Luar Negeri Indonesia belum menanggapi masalah tersebut.

Baca juga: Seorang pengantin wanita di Malaysia menganut etika kesehatan dan menerima 10.000 tamu dengan kendaraan