April 23, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Pada Selasa (12/5/2020) penumpang tiba di Terminal 3 Tokerong, Panten, Bandara Sokarno-Hatta.

Persyaratan meninggalkan Jakarta dengan transportasi umum, ini semua ada di halaman panduan

KOMPAS.com – Mulai Jumat (18/12/2020), Angkutan DKI Jakarta menetapkan persyaratan baru bagi penumpang yang masuk dan keluar Jakarta, terutama yang menggunakan angkutan umum.

Tuntutan baru ini menanggapi instruksi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal Pemerintah Provinsi (Pembrove) DKI Jakarta Luhut Finsar Bandjaitan.

Ini panduannya Persyaratan masuk dan keluar Jakarta Naik angkutan umum yang mulai berlaku Jumat (18/12/2020).

1. Antigen Tes Cepat Wajib

Luhat menyarankan kebijakan Wajib antigen tes cepat Untuk orang yang bepergian ke luar kota di daerah di mana terjadi peningkatan kasus Pemerintah-19.

Terakhir, Siafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, mengatakan, warga yang masuk dan keluar kawasan DKI Jakarta dengan angkutan umum mulai Jumat (18/12/2020) harus menyerahkan surat hasil uji antigen rapid test.

Baca juga: PCR atau tes antibodi cepat masih cocok untuk perjalanan kereta api jarak jauh

“Itu kebijakan nasional. Artinya maskapai (penumpang) yang akan membeli tiket, calon penumpang wajib mengambil keputusan cepat,” kata Siafrin. Compass.com.

Kebijakan dengan syarat antigen rapid test ini akan berlaku mulai Jumat (18/12/2020) -Region (8/1/2021).

2. Hasil tes berlaku selama 14 hari

Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Iravathi mengatakan, laporan hasil uji cepat antigen tersebut akan berlaku hingga 14 hari.

Masa berlaku Hal ini dinyatakan dalam 9th Working Group Circular 2020 tentang kriteria dan persyaratan perjalanan publik selama periode adaptasi ke komunitas Pemerintah-19 yang produktif dan aman.

“Sampai tidak ada aturan baru ya, sesuai SE No 9 yang lama masih 14 hari,” kata Adita.

KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pada Selasa (12/5/2020) penumpang tiba di Terminal 3 Tokerong, Panten, Bandara Sokarno-Hatta.

Gugus tugas Pemerintah-19 sedang mengembangkan aturan baru tentang perjalanan orang selama epidemi. Apalagi untuk liburan natal dan tahun baru.

READ  Di Tasikmalaya, pencuri kerbau menyembelih hewan dan diambil dagingnya

3. Berfokus pada jalur penerbangan

Meneliti hasil tes antigen cepat untuk persyaratan masuk dan keluar Jakarta akan fokus pada maskapai. Artinya, seleksi akan difokuskan pada penumpang pesawat yang mendarat di Jakarta.

4. Persyaratan KAI tidak digunakan

B.D. Keretta Abby Indonesia (KAI) Sampai saat ini, aturan uji antigen swap belum ditetapkan. Saat ini, meski kebijakan sudah diluncurkan, KAI tetap akan menggunakan persyaratan lama berupa surat bebas Covid-19 PCR atau rapid antibody test.

Tes Covit-19 PCR atau tes antibodi cepat memiliki masa berlaku hingga 14 hari.

Baca juga: Benarkah wisatawan yang datang ke Jawa Barat untuk berlibur harus uji antigen?

Jika daerah tempat tinggal tidak memiliki fasilitas pengujian PCR dan / atau pengujian antibodi cepat, calon pelancong dapat membawa surat keterangan serupa influenza yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit atau pusat kesehatan.

Terkait kebijakan antigen swap, sejauh ini pemerintah KAI menunggu keputusan lebih lanjut.

5. Kendaraan pribadi akan diuji kira-kira

Awalnya, pengguna kendaraan pribadi tidak diwajibkan memberikan sertifikat uji antigen cepat. Namun, kini mereka juga didesak menjalani tes antigen secara cepat.

Perbedaannya jika pengguna angkutan umum adalah wajib, kira-kira akan digunakan untuk pengguna kendaraan pribadi.

“Kemudian Acak, Yang diatur secara teknis. Acak nanti kita lakukan quick antigen test, ”kata Wakil Gubernur DKI Jakarta. Ahmed Riza Patria | Kamis (17/12/2020) di Balaikota DKI Jakarta.

Nantinya, Pemprov DKI Jakarta akan memberikan uji antigen cepat ini secara gratis. Terkait implementasi teknis dan lokasi rapid antigen testing, ARIZA masih menunggu instruksi tambahan dari Kementerian Perhubungan.

6. Isi daya antigen uji cepat

Seperti yang diumumkan di berita Compass.com.

READ  NASA akan dengan rajin mengirimkan suara langsung dari Mars

Mode tes PCR 24 jam setelah tes Rp 885.000 hingga Rp 800.000.

Stasiun Kereta Api Tawang SemarangKOMPAS.com/istimewa Stasiun Kereta Api Tawang Semarang

Sementara itu Antigen pengujian cepat 15 menit setelah ujian hasilnya berkurang dari Rp385.000 menjadi Rp200.000. Untuk tes cepat antibodi, harganya masih ITR 85.000.

Tingkat tes Pemerintah-19 yang rendah ini dijamin akan berlaku selama periode lalu lintas Natal dan Tahun Baru 2021, meskipun penerbangan diperkirakan lebih tinggi dari hari-hari normal.

Untuk uji tarif dilakukan di luar bandara, seperti diberitakan di berita Compass.comUntuk banyak rumah sakit di wilayah TKI Jakarta, tarif tes cepat antigen Rp. 277.000 – Rp. Sampai 700.000.

Baca juga: Terbang ke Polly Mandatory Swap Test, wisatawan memilih untuk membatalkan liburan

Misalnya, di semua cabang Rumah Sakit Silom, mereka mengenakan biaya dari Rs 499.000 hingga Rs 699.000. Tes cepat antigen dan huruf akhir hanya tersedia dengan harga pertama. Tingkat kedua termasuk tes cepat untuk antibodi, saran dokter, dan vitamin.

Di RS Sentana Kedoya Raya, Jakarta Barat, ITR 277.000 untuk keluar H + 2, ITR 350.000 untuk keluar H + 1, dan Rp 500.000 ditentukan dengan hasil tes pada hari yang sama.

Sedangkan di RS Omni Bulomas. Biaya pengujian antigen cepat adalah Rp. 575.000 dan Rp. 700.000. Tes di kedua set, hasil dalam 1-2 hari kerja Penunjukan wajib satu hari sebelum tes. Rp. 700.000 biaya tes sudah termasuk layanan serologi.