Mei 14, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Prototipe pesawat kedua, N219, menjalani uji terbang pertama kali pada Jumat (21/12/2018).

Pesawat N219 akhirnya bersertifikat dan langsung dipesan oleh Kementerian Perhubungan

Jakarta, Kompas.com – Pelayanan Angkutan (Kemenhub) Jenis Sertifikat Resmi Diserahkan Pesawat Dari N219 hingga PT Dirgantara Indonesia. Pesawat Jenis sertifikat ini pada akhirnya tersedia melalui proses tersebut Sertifikat Selama hampir 7 tahun.

Sertifikat tersebut dikeluarkan setelah pesawat N219 berhasil menyelesaikan serangkaian pengujian selama proses sertifikasi Rapat Komite Sertifikasi Akhir Pada tanggal 18 Desember.

“Penyelesaian proses sertifikasi tipe diharapkan menjadi tonggak kebangkitan industri desain pesawat terbang Angin Ini dimulai oleh Presiden ke-3 Republik Indonesia, PJ Habibi, setelah era anak bangsa mengembangkan pesawat N250 di Indonesia sekitar 30 tahun lalu, ”kata Menteri Perhubungan Pudi Kariya Sumati dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/12/2020).

Baca juga: Menteri Perhubungan resmi menggunakan mobil listrik untuk kendaraan dinas RI35

Pudi menambahkan, Kementerian Perhubungan berencana memesan pesawat N219 untuk mengukur fasilitas pesawat, memenuhi kebutuhan pesawat untuk daerah terbelakang, jarak jauh, luar dan perbatasan, serta untuk angkutan perintis.

Sedangkan Dirjen Transportasi udara Keemanhub, Novi Ryanto menjelaskan, Sertifikat Direktorat Jenderal Perhubungan melakukan pengerjaan pesawat model Jenderal N219 Angin Sejak Februari 2014.

Sesuai dengan Part 21 dari Civil Aviation Safety Regulation (PKPS) atau Part 21 of Civil Aviation Safety Regulation (CASR), masa sertifikasi berlaku selama 3 tahun, dan Direktorat Perhubungan Udara adalah 8 Februari 2017 dan 11 Februari. Memberikan 2 izin untuk perpanjangan pada tahun 2020.

Doc BD Thirkandra Indonesia Prototipe pesawat kedua, N219, menjalani uji terbang pertama kali pada Jumat (21/12/2018).

Menurut Elfian Kundoro, Direktur Kepresidenan Dikandara Indonesia, N219 merupakan kebanggaan bangsa Indonesia karena merupakan karya anak-anak di seluruh tanah air dan yang pertama mampu menyelesaikan penilaian dan tes untuk pesawat yang jauh lebih kompleks.

READ  Kapan Pogo M3 diluncurkan di Indonesia dengan harga Rs 2 jutaan?

“Merupakan suatu kebanggaan bagi bangsa Indonesia dapat berhasil menyelesaikan sertifikasi penerbangan pertama yang merupakan karya anak bangsa, dan merupakan prestasi pertama bagi BD Darkanthara Indonesia dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dapat menyelesaikan asesmen dan pengujian produk pesawat nasional dengan kompleksitas yang cukup besar.” dia berkata.

Sebagai informasi N219, merupakan pesawat jenis penumpang, Monoplane Sayap Tinggi Dengan Empan ekor tengah, bilik tidak dirawat Dengan landing gear, kapasitas maksimal 19 penumpang Sepeda roda tiga yang bisa melebur, 2 Turboprop mekanis PT6A-42 dilengkapi dengan 4 bilah baling-baling hardcell dan sistem komunikasi navigasi generasi berikutnya Garmin 1000.

Baca juga: Aceh Flight N219 dipesan dari PDTI