Maret 7, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Malam Tahun Baru di Mars.

Planet Bulan ini merayakan Tahun Baru ke-36 di hari Selasa, berikut deskripsinya

KOMPAS.com – 7 Februari menandai Tahun Baru Mars ke-36.

eTunggu sebentar, Mars jelas berusia miliaran tahun. Mengapa hanya ada 36 tahun Mars sejauh ini?

Rupanya, dikutip Ilmu IFL, Selasa (9/2/2021); Tahun pertama Mars mulai dihitung hanya oleh para ahli pada tahun 1955 setelah badai debu besar di Mars. Selain itu, terdapat perbedaan satuan pengukuran waktu di Bumi dan Mars.

Untuk mengubah tahun di Mars, European Space Agency (ESA) berbagi persamaan dan perbedaan batasan waktu di Bumi dan Mars.

Baca juga: Ini adalah foto Mars pertama yang ditangkap oleh pesawat luar angkasa Tianwen-1 Tiongkok

Satuan waktu di bumi mendefinisikan satu hari sebagai 24 jam. Pasalnya, butuh waktu bagi matahari untuk kembali ke titik tertinggi di langit bumi.

Sedangkan satu hari atau sol Mars sama dengan 24 jam, 39 menit, dan 35 detik, karena ini adalah waktu yang dibutuhkan matahari untuk kembali ke titik tertingginya di langit Mars.

Mars, seperti penjelajah Curiosity NASA, juga menghitung waktu yang dibutuhkan untuk bekerja di Planet Merah berdasarkan waktu Bumi.

Sedangkan satu tahun Mars adalah 668 sol atau sekitar 687 hari Bumi, yang 1,8 kali lebih lama dari satu tahun di Bumi.

Inilah mengapa Mars sekarang merayakan tahun baru ke-36.

Ini juga berlaku untuk usia Anda jika Anda tinggal di Mars. Untuk mengetahui berapa umur Anda pada hari Selasa, ukurlah umur pada hari itu, kemudian bagi dengan 1,88. Misalnya, jika Anda berusia 38 tahun di Bumi, Anda akan memasuki Mars di usia dua puluhan.

Bahwa Malam Tahun Baru di Mars.