Maret 8, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Presiden Twitter Joko Widodo memberikan identitas khusus pada akun tersebut

KOMPAS.comIndonesia Beri tanda atau Label Apalagi akun Presiden Joko Widodo Menangani ess Jessica_Jay. Label Bunyinya “pejabat pemerintah Indonesia.” Identitas yang sama ada di akun Twitter Wakil Presiden KH. Dengan Maruf Amin Menangani @ Kiai

Dari observasi Compostechno, Tanda ini baru saja terlihat. Lalu apa arti dari tanda ini?

Pelabelan ini adalah kebijakan baru Twitter, diluncurkan pada pertengahan 2020.

Pada Agustus 2020, Twitter mulai menandai akun pejabat tinggi pemerintah, termasuk menteri, badan perusahaan, duta besar, juru bicara resmi, dan pemimpin diplomatik.

Tag tersebut juga akan berlaku untuk akun perusahaan media yang berafiliasi dengan pemerintah. Saat itu, tanda khusus ini hanya diberikan kepada anggota tetap Dewan Keamanan PBB, Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Prancis, dan China.

Sejak 17 Februari, label tersebut telah memperluas penggunaannya ke Indonesia, Arab Saudi, Ekuador, Honduras, Iran, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Kuba, Mesir, Serbia, Spanyol, Thailand, Turki, dan Uni Emirat Arab. Emirates.

Twitter / @ jokovi / @kiai_marufamin Akun Twitter presiden dan wakil presiden disebutkan.

Dari observasi Compostechno, Selain akun Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, belum ada akun Twitter resmi pejabat pemerintah lainnya yang mendapatkan pengakuan ini.

Serta kantor pemerintah dan media yang berafiliasi dengan pemerintah.
Kemungkinan besar, nilai spesial akan diberikan secara bertahap.

“Sebagai langkah selanjutnya, kami sedang berupaya menerapkan label tambahan ke akun media yang berafiliasi dengan pemerintah dalam beberapa bulan mendatang,” jelas Twitter di blog resminya.

Baca juga: Twitter menawarkan skor khusus untuk akun resmi pejabat pemerintah Indonesia

Twitter mengatakan pelabelan tersebut bertujuan untuk memudahkan pengguna Twitter mendapatkan informasi yang dapat diandalkan dari pemerintah resmi dan media tepercaya.

READ  Samsung akan meluncurkan smartphone keren ini sebelum seri Galaxy S21

Hal ini dikarenakan Twitter merupakan salah satu media sosial yang digunakan khusus untuk mencari informasi tentang peristiwa atau isu terkini termasuk informasi pemerintahan.

“Ini merupakan langkah penting agar ketika orang melihat akun membahas masalah geopolitik suatu negara, mereka dapat memahami konteks dari perspektif nasional dan lebih memahami siapa yang mereka wakili,” tulisnya di Twitter.

Pendeknya Compostechno Dari Reuters, Kebijakan tersebut terungkap pada Kamis (18/2/2021) setelah Twitter mendapat perhatian internasional atas pendekatannya dengan sejumlah tokoh pemerintah.

Secara khusus, setelah Twitter memblokir akun Donald Trump sesaat sebelum dia mengundurkan diri.

Pelabelan ini tidak berlaku untuk negara yang saat ini terkena dampak konflik kepemimpinan seperti Myanmar.

“Saat kami mempertimbangkan apakah label ini sesuai (untuk beberapa negara), kami mempertimbangkan diskusi internasional tentang legitimasi pemerintah,” jelas Nick Pickles, direktur kebijakan publik Twitter.

Baca juga: Beginilah seharusnya media sosial menurut CEO Twitter

Pickle mengatakan label hanya akan dikeluarkan untuk akun resmi yang diverifikasi. Orang publik yang tidak memiliki lencana biru di akunnya tidak akan disebutkan namanya.

Acar memberi contoh kepada Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, yang akunnya saat ini belum diverifikasi, sehingga tidak akan disebutkan namanya. Namun, akun Twitter terverifikasi dari Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif telah disebutkan.