Maret 2, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Secara hukum, BUMN Vijaya Karya (WIKA) mendapat kesepakatan restrukturisasi Rp 20,58 triliun

Secara hukum, BUMN Vijaya Karya (WIKA) mendapat kesepakatan restrukturisasi Rp 20,58 triliun

Bisnis.comJakarta – Perusahaan plat merah penyedia konstruksi, PT Wijaya Kariya (persero) tbk. (BahasaSepakat dengan 11 lembaga keuangan Perjanjian Induk Restrukturisasi (MRA) dengan nilai tertunda ITR sebesar 20,58 triliun.

Nilai perjanjian restrukturisasi atau MRA sebesar Rp 20,58 triliun setara dengan 87,1% utang restrukturisasi WIKA per 23 Januari 2024.

Perjanjian MRA tersebut ditandatangani oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko WIKA Adityo Kusumo dan Direktur Utama HC WIKA Hadjar Chetty Aji beserta pimpinan lembaga keuangan dan disaksikan langsung oleh Wakil Menteri BUMN Karthika Wirjotmodjo dan Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito di Jakarta. , Selasa (23/1/2024).

Akung Budi Waskito (BW) mengatakan tercapainya kesepakatan tersebut merupakan langkah maju dalam proses restrukturisasi keuangan dan mempercepat laju restrukturisasi WIKA.

“Kesepakatan ini menunjukkan bahwa upaya restrukturisasi WIKA mendapat dukungan penuh dari Kementerian BUMN dan lembaga keuangan yang bekerja sama dengan WIKA selama ini. Mereka yakin WIKA tangguh dan bersedia berpartisipasi dalam gerakan ini,” jelas Agung. BW dalam siaran persnya, Rabu. (24/1/2024).

Dengan tercapainya MRA tersebut, WIKA kini bisa fokus melanjutkan metodologi tersebut Sungai kecil Mewujudkan fundamental yang kuat dan perbaikan lainnya untuk menjalankan usaha secara berkelanjutan.

“WIKA berkomitmen untuk mendorong kegiatan operasional dan rencana strategis komprehensif yang dipercayakan kepada perusahaan,” tambah Agung BW.

Selain restrukturisasi keuangan, sistem aliran restrukturisasi yang dikembangkan WIKA menunjukkan kemajuan positif. Peraturan Presiden Nomor Tahun 2023 tentang Rincian APBN Tahun Anggaran 2024. 76 Cara penguatan struktur permodalan mendapat dukungan dari pemerintah.

Selain itu, WIKA telah memperoleh persetujuan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau Masalah kepemilikan Melalui RUPSLB tanggal 12 Januari 2024.

READ  Ketika pemilik Air EV mengeluh tentang tingkat layanan dan pengisi daya yang ketinggalan zaman, Wuling segera turun tangan

Perusahaan juga mengambil tindakan korektif Buku Pesanan Portofolio Saat ini, 93% proyek yang dikerjakan WIKA sudah menggunakan mekanisme tersebut Pembayaran kemajuan bulanan Sehingga proyek-proyek milik perusahaan bisa berfungsi secara mandiri. Sistem tersebut mengalami perubahan signifikan dibandingkan tahun 2016, dimana proyek dengan mekanisme ini hanya menyumbang 40% dari total portofolio WIKA.

Selain itu, penguatan tata kelola dan manajemen risiko pada tahun 2023 dengan 3 proyek yaitu pemutakhiran sistem ERP secara keseluruhan baik proyek yang dilakukan WIKA dengan mekanisme KSO (kerjasama operasional) maupun non KSO. Prinsip Empat Matadan implementasi Menara kendali digital (DCT) Fasilitas pemantauan kinerja perusahaan waktu sebenarnya . WIKA mengintegrasikan aplikasi untuk menerima data sehingga pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat.

Cara mempercepat pengumpulan kredit bermasalah telah membuahkan hasil dengan dibentuknya divisi tersebut Manajemen aset Bertanggung jawab langsung kepada Direksi. Terbukti, strategi ini menunjukkan penurunan nilai kredit bermasalah sebesar 21% hingga September 2023 dibandingkan Desember 2022.

Agung BW menyampaikan, pelaksanaan berbagai proyek tersebut menunjukkan bahwa sistem kesehatan merupakan bagian dari transformasi yang sedang berjalan dan diharapkan WIKA dapat kembali membawa kinerja positif dan berkelanjutan.

“Untuk itu, kami mengapresiasi dukungan yang diberikan kepada kami MitraKedua Pemerintah. Pemilik proyek, pemegang saham, lembaga keuangan, pemegang obligasi dan masyarakat luas. “Hal ini menunjukkan kesungguhan kami dalam melakukan transisi agar WIKA semakin kokoh dan siap melangkah lebih jauh di masa depan,” kata Agung BW.

Simak berita dan artikel lainnya di sini berita Google