Juni 20, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Wanita Arab Saudi bebas mengendarai sepeda motor, klub sepeda motor bermunculan

Tempo.co, Jakarta– Sejarah dibuat pada 2018, ketika Wanita Arab Saudi Untuk pertama kalinya sejak pelarangan tahun 1957, mobil atau sepeda motor diizinkan.

“Wanita tertarik dengan sepeda motor, tetapi mereka tidak bisa secara terbuka mengendarai sepeda motor di Arab Saudi,” kata Zahra Abu Ali, pendiri Saudi Women Riders, seperti dikutip dari Arab News, September 2019.

Setelah larangan mengemudi bagi perempuan dicabut, komunitas atau Klub Motor Wanita Muncul seperti jamur di musim hujan.

Lanjutkan membaca: Arab Saudi Mulai Gelar Tes Pelatihan SIM Gadis

Mereka berani memamerkan aktivitasnya di depan umum dan memamerkan foto tanpa hijab di media sosial.

Muncul akun Instagram Saudi Woman Rider, yang menggambarkan aktivitas Klub Motor Wanita.

“Akun bikers wanita Saudi pertama,” kata pernyataan itu di profil seorang pengendara wanita Saudi.

Zahra Abu Ali menjelaskan bahwa sebelum kebebasan perempuan untuk berkendara diberlakukan, perempuan mengemudi dengan tenang.

Pengemudi mobil F1 Arab Saudi, Aseel Al-Hamad, berpose pada 24 Juni 2018, di Sirkuit Paul Ricard di Le Castellet, Prancis, sebelum mengendarai Lotus Renault E20. . REUTERS / Jean-Paul Belize

Untuk kamuflase, mereka mengenakan pakaian longgar, menutupi rambut di bawah helm, dan berkendara dengan sekelompok pria.

Insinyur biomedis wanita berusia 29 tahun itu adalah pendiri Litas Gopher, sebuah klub sepeda motor wanita internasional di Arab Saudi. Dia mengendarai sepeda motor Harley Davidson 883 Sportster.

“Beberapa gadis memiliki lisensi dari Bahrain. Beberapa memiliki sepeda motor, tetapi tidak memiliki SIM. Ada perempuan yang naik motor bersama suami, ”kata Zahra.

Baca itu juga: Showroom mobil khusus wanita dibuka Arab Saudi

Ia belajar mengendarai sepeda motor pada 2018 saat bekerja di Dubai, Uni Emirat Arab.

READ  Pengguna iPhone "budak digital" Apple

“Begitu saya mulai, saya tidak bisa berhenti. “Di Arab Saudi, sepeda hanya untuk pria, tapi bukan berarti sepeda hanya dibuat untuk pria,” katanya.

Sedangkan larangan mengemudi bagi perempuan masih berlaku Arab S.AudiSebagai gantinya, muncullah Azeel al-Hamad, seorang pebalap F1 wanita dari Arab Saudi. Ia berlaga di mobil Lotus Renault E20 pada 24 Juni 2018 di Sirkuit Paul Ricard di Le Castellet, Prancis.

Selain Saudi Woman Rider, ada juga klub motor wanita yang beranggotakan warga Arab Saudi dan Litas Dubai yang didirikan oleh Laura Tarabe Saab dari Lebanon.

Klub Motor Litas Dubai memiliki 10 wanita dari Arab Saudi, Yordania, Bahrain, Palestina, Maroko, Rusia, dan Uni Emirat Arab. Mereka bekerja sebagai polisi, dokter, artis, insinyur, profesional manajemen, ibu rumah tangga.

Berita Arab | Gracium