Mei 7, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

5 Fakta Perjalanan Astronot Manusia Pertama Yuri Gagarin di Luar Angkasa

KOMPAS.com- Tepat hari ini, Senin (12/4/2021) enam puluh tahun lalu, Ruang Yuri Gagarin Jadilah orang pertama Di ruang hampa.

Siapakah Yuri Gagarin?

Dia mampu memenangkan pertandingan antara Uni Soviet Amerika Serikat Akan menandai babak baru di luar angkasa.

Terlepas dari suksesnya perjalanan tersebut, perjalanan Yuri Gagarin masih mengandung banyak hal yang belum banyak diketahui masyarakat luas. Berikut ini adalah ringkasan dari Compass.com.

1. Moto Gagarin yang terkenal

Yuri Gagarin berhasil terpilih sebagai orang yang terbang di luar angkasa. Gagarin pergi pada 12 April 1961, menggunakan pesawat ruang angkasa Vostok-1.

Saat pesawat lepas landas dari Pykonor di Kazakhstan, ada hal menarik yang dilakukan Gagarin.

Baca juga: Perjalanan luar angkasa mengubah otak kosmonot, dijelaskan di sini

astronaut Yuri Gagarin melepas sepatunya sebelum memasuki Vostok Rusia Saat memasuki sebuah rumah.

Yuri Gagarin juga meneriakkan sepatah kata dan itu menjadi slogan simbolis ‘Ayo pergi!‘Atau’ ayo pergi ‘dalam bahasa Rusia.

2. Perjalanan berbahaya

Terbang ke luar angkasa untuk pertama kalinya tidak luput dari bahaya. Hanya setelah kedatangan Gagarin barulah hal itu diketahui Bumi Dengan aman. Fakta menunjukkan bahwa tidak semuanya berjalan sesuai rencana.

Dari selusin kekurangan teknis, Vostok diketahui memasuki orbit pada ketinggian yang lebih tinggi dari yang diperkirakan.

Jika sistem rem tidak berfungsi, pesawat ruang angkasa Gagarin harus menunggu untuk mendarat sendiri.

Artinya, meski penuh dengan makanan, air, dan oksigen hingga 10 hari, akan butuh waktu lebih lama untuk turun ke ketinggian orbit yang lebih tinggi. Pasokan astronot Yuri Gagarin juga akan habis. Namun, untungnya remnya akhirnya bekerja.

READ  Review Samsung Galaxy A21s, HP Rp3 Juta Cocok Untuk Bisnis Online

Baca juga: Misi SpaceX, 2 astronot NASA ISS Dan disambut oleh astronot Rusia

Deskripsi astronot saat berada di luar angkasa. Astronot NASA memiliki lebih banyak pengalaman dalam isolasi dan isolasi diri selama berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

3. Dicurigai sebagai mata-mata

Ketika dia kembali ke Bumi, dia jatuh di roda pendaratan. Itu jatuh di tanah pertanian keluarga, tepatnya, di wilayah Saratov di selatan Rusia.

Ini pertama kali dilihat oleh seorang wanita muda dan neneknya yang sedang memanen kentang.

Gagarin, yang mengenakan helm putih dan baju luar angkasa oranye, juga diduga mata-mata asing.

4. Ritual buang air kecil

Satu cerita berlanjut bahwa sebelum pergi, Gagarin meminta sopir bus yang membawanya ke tempat peluncuran untuk menyeretnya pergi.

Peristiwa tersebut kemudian menjadi semacam ritual bagi astronot Rusia. Selama bertahun-tahun para astronot melakukan hal yang sama sebelum diluncurkan ke luar angkasa.

Baca juga: Kisah menegangkan di balik sejarah astronot pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa

Namun sepertinya seremoni tersebut tidak lagi dilakukan karena desain suite luar angkasa baru yang diumumkan pada tahun 2019 tidak memungkinkan untuk segera dihapus.

5. Pria di belakang Gagarin

Hampir semua orang memuji Gagarin. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui siapa yang berada di belakang astronot tersebut.

Selama bertahun-tahun, tidak ada yang tahu gambar Sergei Corolio, yang merancang pesawat ruang angkasa Soviet milik Gogar.

Soviet bahkan menolak Hadiah Nobel yang diberikan kepada Corolio, dan bertekad untuk merahasiakan identitasnya. Namanya baru muncul setelah kematiannya pada tahun 1966.

Korolyov tidak hanya berhasil mengirim pria pertama ke luar angkasa, tetapi juga berhasil membawa wanita pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa.

READ  Biden-Harris, Rekor Baru di Gedung Putih dan Cerita Keluarga Yahudi

Baca juga: Bakteri Tak Dikenal Ditemukan di Stasiun Luar Angkasa Internasional, Apa Itu?