April 21, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Google memperkenalkan fitur obrolan ke semua halaman untuk pengguna Gmail gratis

KOMPAS.com – Tahun lalu, Google Mulai mengintegrasikan banyak fitur ke dalam aplikasi Gmail, Yaitu pertemuan, obrolan, dan ruang. Awalnya ketiga fitur tersebut hanya bisa dinikmati oleh pelanggan berbayar Google G Suite.

Namun, Google sekarang menawarkan ketiga fitur ini secara gratis untuk pengguna Gmail biasa. Sebelum fitur Rapat, pengguna Akun Google sekarang dapat menikmati fitur obrolan dan ruang di aplikasi Gmail.

Ketiga fitur yang diintegrasikan ke dalam aplikasi Gmail ini diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk berkolaborasi dan berkolaborasi dengan rekan-rekannya.

Seperti namanya Tab Rapat memungkinkan pengguna mengakses situs konferensi video Rapat Google secara langsung melalui aplikasi Gmail. Fitur ini sudah ada di aplikasi Gmail untuk pengguna biasa.

Baca juga: Gmail Go sekarang dapat digunakan di semua Android

Sementara itu, dua tab baru, Chat dan Ruang, memungkinkan pengguna Gmail untuk mengobrol langsung dengan rekan kerja, berbagi file, menetapkan tugas, membuat pengingat di Google Kalender, dan langsung di ruang obrolan grup dalam aplikasi Gmail.

Tab “Obrolan” dan “Ruangan” tersedia di aplikasi Gmail Android versi 2021.03.07.364486182.

Perlu diketahui, kedua tab ini masih dalam tahap awal atau Akses awal Ini harus diaktifkan secara manual. Karena masih dalam tahap awal, pengguna mungkin akan menemukannya Kesalahan Atau masalah lain saat menggunakan fitur ini.

Namun bagi pengguna yang tertarik dan ingin segera mencobanya, dapat mengimplementasikan fitur ini dengan beberapa langkah mudah. Berikut cara lengkap untuk mengaktifkan tab chat dan ruang di aplikasi Gmail di Android.

Mengaktifkan fitur obrolan dan ruang di Gmail

Untuk mengaktifkan kedua fitur ini, pertama-tama pastikan bahwa aplikasi Gmail di Android adalah yang terbaru. Jika tidak, pengguna bisa Memperbarui Melalui Google Play Store.

READ  Hampir 30.000 maks ditemukan oleh peneliti yang terinfeksi malware

Jika demikian, buka aplikasi Gmail dan klik pada tiga garis horizontal di sudut kiri atas. Klik “Pengaturan”> Akun gmail Periksa> opsi “Obrolan” (akses awal) yang diinginkan> klik “Coba ini”.

Setelah itu, aplikasi Gmail secara otomatis akan menampilkan tab “Obrolan” dan “Ruang” antara tab “Surat” dan “Rapat”.

KOMPAS.com/ Kalu Putri Rianto Langkah-langkah untuk mengaktifkan tab Obrolan dan Ruangan di aplikasi Gmail di Android.

Setelah tab Obrolan dan Ruang diaktifkan, pengguna bisa membuat ruang obrolan dengan rekan kerja. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka tab “Obrolan”
  • Klik “Obrolan Baru”
  • Pilih opsi “Buat ruang”
  • Isi nama chat room dan foto profil, lalu klik “Next”
  • Terakhir, tambahkan email rekan kerja yang ingin Anda tambahkan ke ruang obrolan grup dan klik “Selesai”
  • Ruang obrolan panel siap digunakan.

Setiap Ruang obrolan Kreasi dapat ditemukan di tab “Kamar”. Ruang obrolan Di Gmail itu bisa digunakan dari chatting ke berbagai Mengajukan (Foto atau video), lakukan tugas, buat pengingat di Google Kalender, dan lainnya.

Baca juga: Hati-hati saat memindahkan konten obrolan WhatsApp ke Telegram, inilah alasannya

Selain itu, pengguna diberi opsi untuk menambahkan anggota lain, lalu Obrolan, Blokir, Keluar dari grup Obrolan.

Jika di masa mendatang pengguna ingin menonaktifkan tab “Obrolan” dan “Ruang” di aplikasi Gmail-nya, pengguna harus membuka Setelan> Klik akun Gmail yang diinginkan> Hapus centang opsi “Obrolan” (awalnya dapat diakses).

Gmail secara otomatis menghapus kedua tab dan menghapus tab “Mail” dan “Meet” Compostechno Dari Pengembang XDA, Selasa (6/4/2021).

Semoga berhasil!