April 18, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Instagram Lite diluncurkan di halaman 170 negara

KOMPAS.comInstagram Akhirnya merilis aplikasi Instagram Lite Hanya untuk pengguna Android. Aplikasi ini sebenarnya diam-diam dirilis pada 2018 tanpa ada pengumuman resmi dari Instagram.

Namun pada Mei 2020, Instagram Lite tiba-tiba menghilang dari Play Store. Kini, sebagai induk dari Instagram, Facebook telah resmi mengumumkan keberadaan Instagram Lite yang kabarnya akan diluncurkan di 170 negara.

Facebook tidak merinci negara mana yang akan mendapatkan Instagram Lite. Namun, Instagram mencantumkan India dan Brasil sebagai dua negara target Instagram Lite.

Baca juga: Instagram Lite diam-diam menghilang dari Google Lite Store

Dari observasi Compostechno, Aplikasi ini tidak ditemukan Toko mainan Indonesia. Mengeklik tautan Play Store yang mengarah ke Instagram Lite akan memberi tahu Anda bahwa aplikasi tidak tersedia di negara ini.

Instagram menyebutkan bahwa perilisan Instagram Lite akan dilakukan secara bertahap. Belum bisa dipastikan apakah Indonesia akan mendapatkannya atau tidak.

“Kami akan segera memposting ini secara global,” kata Instagram.

Oleh Blog Facebook Lite dibuat oleh grup Facebook di Tel Aviv, Israel, bekerja sama dengan grup Instagram di New York, kata seorang pejabat Facebook.

Kebijakan ini mirip dengan Instagram Lite 2018 yang menghadirkan aplikasi ringan yang menggunakan alokasi data sedikit.

Fitur terorganisir

Instagram Lite menargetkan pengguna ponsel Android Tahap awal Area dengan kapasitas memori terbatas dan koneksi internet tidak stabil. Ukuran aplikasi Instagram Lite hanya 2 MB, yaitu 30 MB lebih besar dari ukuran Instagram mainstream.

Dengan ukurannya yang kecil, Instagram mengatur beberapa fitur penting Instagram. Namun, beberapa fitur penting seperti mengunggah foto, video, cerita, dan berita langsung (TM) tetap dipertahankan.

Baca juga: Penggunaan Facebook Lite telah dihentikan di Apple iOS

Facebook Instagram Lite

Fitur reel baru tersedia di Instagram Lite di banyak negara. Namun, pengguna Instagram Lite hanya dapat menonton video Reels dan tidak dapat membuatnya dari aplikasi.

READ  Coba Fitur Belanja Twitter | Teknologi

Fitur yang tersedia berbasis animasi seperti filter AR. Karena fitur ini menggunakan banyak data.

Fitur belanja Instagram Store juga tidak ada di Instagram Lite.

Pengguna Instagram Lite dapat menggunakan ornamen lain untuk menghiasi Instagram story, seperti stiker atau GIP.

Ikon tempat sampah untuk menghapus foto atau video juga diganti dengan ikon “X”.

Michael Lowry, Product Manager Facebook Israel, mengatakan sejak dirilis pada tahap pengujian beberapa tahun lalu, banyak orang yang meminta agar Dark Mode muncul di Instagram Lite. Namun, fitur ini hanya akan hadir dalam pembaruan aplikasi di masa mendatang.

“Beberapa orang meminta opsi mode gelap, yang menggantikan latar belakang putih pucat dengan teks hitam dan abu-abu,” kata Lourie.

Baca juga: Cara Menghapus Dan Menyembunyikan Tag Foto Dan Video Di Instagram

Secara singkat dari Krisis teknisSebelum Play Store menghilang secara tiba-tiba pada awal tahun 2020, Instagram Lite sangat populer di banyak negara.

Meksiko, negara asal Instagram Lite, adalah pengguna terbesar Instagram Lite, terhitung 62 persen dari total unduhan.

Menurut data dari Censor Tower, Instagram Lite telah diunduh 4,4 juta kali di Meksiko. Filipina berada di posisi kedua dengan 14 persen dari total unduhan, diikuti oleh Kenya dan Peru dengan masing-masing 12,5 persen dan 12 persen.

Namun, di banyak negara berkembang, popularitas Instagram Lite tidak terlalu tinggi. Seperti India, Indonesia, Brazil dan negara lainnya.