Mei 7, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Gerhana matahari cincin terpantau dari Planetarium Daman Ismail Marzuki di Jakarta, Kamis (26/12). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Jadwal Gerhana Bulan dan Matahari, 26 Mei 2021

Suara.com – Fenomena alam seringkali menarik minat banyak orang. Tidak terkecuali Gerhana bulan Dan gerhana matahari. Beberapa waktu lalu, peristiwa supermoon memperlihatkan bulan beberapa kali lebih besar. Sekarang, mari kita bahas Tabel Gerhana Bulan Dan gerhana matahari untuk sisa tahun 2021. Info selengkapnya di sini.

Gerhana bulan Total

Gerhana bulan total terjadi saat seluruh bulan tertutup bayangan bumi. Fenomena ini terjadi saat matahari, bumi dan bulan berada dalam satu garis lurus. Pada 2021, gerhana bulan total akan terjadi pada 26 Mei 2021.

Bagian bumi yang dapat sepenuhnya mengalami fenomena ini adalah lingkaran Pasifik dan Hawaii. Di Indonesia momen gerhana bulan ini mungkin belum maksimal, meski masyarakat masih bisa melihat momen-momen saat peristiwa ini terjadi.

Baca juga:
Untuk melindungi Bumi, asteroid simulasi NASA akan menghantam planet tersebut

Cincin gerhana matahari

Tabel gerhana bulan dan gerhana matahari –
Gerhana matahari cincin terpantau dari Planetarium Daman Ismail Marzuki di Jakarta, Kamis (26/12). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Matahari, Bulan dan Bumi berada dalam satu garis lurus dan diperkirakan akan terjadi pada tanggal 21 Juni 2021. Meski demikian, penampakan permukaan Matahari tidak sepenuhnya tertutup oleh permukaan Bulan. Ini menutupi matahari hanya di tengah bulan, sehingga matahari muncul sebagai cincin cahaya.

Tempat terbaik untuk melihat acara ini adalah Kanada, Greenland barat laut dan Siberia timur laut.

Gerhana matahari total

Ini akan berlangsung pada 4 Desember 2021, di mana seluruh permukaan Matahari akan tertutupi oleh permukaan Bulan

Baca juga:
Ingatlah Hari Bumi dengan mempraktikkan 5 gaya hidup ramah lingkungan ini

Berbeda dengan gerhana matahari cincin, yang bersinar dalam lingkaran atau cincin, gerhana matahari total membuat matahari sama sekali tidak terlihat dan menjadi gelap di siang hari. Saat melihat kedua jenis gerhana matahari ini, sebaiknya kenakan kacamata hitam.

READ  Mengapa kutub magnet selalu utara dan selatan

Berikut jadwal gerhana bulan dan matahari tahun 2021. Jika Anda masih tertarik, Anda bisa mengunjungi situs NASA atau situs resmi Badan Meteorologi, Meteorologi, dan Geofisika untuk informasi lebih lengkapnya.

Kontributor: Saya Matt Rendica Artian