Juli 30, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

PPKM Darurat terus berlanjut, yaitu aturan baru perjalanan angkutan darat

Jakarta, Kompas.com – Pemerintah secara resmi memperpanjang PPKM Darurat. Jika tren kasus Govt-19 melambat, pada 26 Juli 2021 akan dilakukan pembukaan secara bertahap.

Dengan perpanjangan PPKM darurat, banyak ketentuan yang dikeluarkan sebelumnya secara otomatis berlaku. Tambahkan istilah Perjalanan Angkutan Tanah, penggunaan pribadi atau publik.

Untuk Tata Tertib Perjalanan Angkutan Darat, sebelumnya Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemnhub) Pudi Sethiyadi mengatakan, Perubahan Kedua SE 43 Surat Edaran (SE) 51 No. 2021 mengikuti aturan terbaru.

Baca juga: Aturan perjalanan tetap berlaku, dengan PPKM darurat dibuka bertahap minggu depan

Aturan dalam SE 51 itu resmi berlaku untuk mengantisipasi pemberantasan gerakan sosial mulai 19 April 2021 hingga 25 Juli 2021 saat libur Idul Adha.

KOMPAS.COM/STANLY RAVEL PBKM Darurat Km 31 Jakarta-Sigambek.

Informasi, inspirasi dan Intelijen dari Surel Kamu.
Registrasi Surel

“Betul, kalau ini terus (PPKM Darurat) aturan gempanya mengikuti SE terbaru (51) kemarin,” kata Boody saat dihubungi. Kompas.com, Selasa (20/7/2021).

Ada beberapa perubahan aturan yang sebenarnya dibuat di SE. Salah satunya adalah tentang pengendalian semua perjalanan ke luar daerah, kecuali untuk pelancong dengan departemen penting, penting dan darurat.

Pudi menjelaskan, jika dilihat dari jenis kedaruratannya, terbagi dalam beberapa kategori. Ibu hamil dengan anggota keluarga, mulai dari pasien sakit kritis, mendapat manfaat persalinan bersama dua orang, serta pembantu pemakaman maksimal lima orang.

Baca juga: Idul Adha, Tol Jakarta-Sigambek Diblokir

Syaratnya, pemudik darat tetap harus menunjukkan kartunya Vaksin Dosis awal minimum seperti sebelumnya.

Namun, aturan kartu vaksinasi dikecualikan untuk jenis perjalanan dan pengemudi transportasi dengan persyaratan darurat Logistik.

Hasil tes RT-negatifP.C.R. Antigen dengan sampel yang diambil 2×24 jam atau sampel yang diambil 1×24 jam sebelum keberangkatan masih berlaku. Sedangkan di luar Jawa dan Poli hanya diperlukan hasil tes negatif dari PCR atau antigen.

READ  Ratusan jenderal kutub DNI berkumpul, yang penting untuk didiskusikan

Baca juga: Ada 1.038 blokir pos, dan lalu lintas ke Jakarta turun 40 persen

Sementara itu, pekerja yang keluar dari area tersebut wajib memiliki dokumen seperti Surat Tanda Registrasi Tenaga Kerja (SDRP) atau Surat Keterangan dari Pemerintah Daerah selain persyaratan di atas.

Memblokir di JTTS Hotama bekerja Memblokir di JTTS

“Itu bisa dilakukan dengan surat yang ditandatangani minimal oleh petugas ECLON 2 dan stempel basah atau dengan tanda tangan elektronik. SE 51 Tahun 2021 mulai berlaku 19 Juli 2021 sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian,” ujarnya. புடி