Januari 17, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Tak hanya Take the Stone, China juga mengibarkan benderanya di bulan

Jakarta

Melalui sebuah misi Lagu5, Cina Tidak hanya sekedar mengambil sampel batuan. Namun ada ‘tugas tersembunyi’ yaitu mengibarkan bendera Cina di bulan.

Bukan replika, bendera Tiongkok berkibar Bulan Biasanya dibuat dari bahan yang mirip bendera. Namun material tersebut dipilih agar dapat bertahan di lingkungan luar angkasa sehingga tidak mudah luntur, bertahan dalam warna atau berubah bentuk.

Bendera Tiongkok dibawa oleh pesawat ruang angkasa Chang 5. Saat bertugas mengambil sampel bebatuan bulan, Chang 5 mengibarkan bendera Tiongkok.

Sebelumnya, Tiongkok membawa bendera negaranya di pesawat ruang angkasa Chang 3 dan Chang 4, tetapi bendera itu dibuat dengan tulisan.

“Meski itu bendera merah tipis berbintang lima, namun memiliki kandungan teknis tertinggi,” kata Mao Wei, komandan program bendera China, kepada CCTV yang dikutip dari luar angkasa, Selasa (8/12/2020).

Bendera China ini juga didesain agar tidak mudah melengkung dan anti susut yang terkadang bisa di bersihkan Lagu5 Mendaratkan bulan. Bendera ini memiliki berat 12 gram dan dapat menahan perbedaan suhu plus atau minus 270 Fahrenheit atau 150 derajat Celcius.

Bendera Cina di bulan Foto: CCTV

Bulan ini bendera China akan berkibar dengan bendera negara yang sudah mapan, yaitu milik Amerika Serikat (USA) sebagai pionir dalam pengibaran bendera di bulan.

Seperti diketahui, misi Apollo 11 yang berusia 51 tahun adalah perjalanan luar angkasa bersejarah, yang dibuat oleh orang pertama Neil Armstrong yang menginjakkan kaki di permukaan bulan. Tidak ada manusia di bulan sampai Amerika.

Saat ini, Lagu5 Batuan bulan digali dan diambil sampelnya dan dikembalikan ke bumi dengan sempurna. Ini adalah langkah penting berikutnya dalam misi Song 5 untuk menghadirkan model bulan ke Bumi.

READ  Hatchback Honda City resmi diluncurkan dengan mesin 1000cc turbo

Tonton videonya “Pesawat luar angkasa China membawa 2 kg sampel dari bulan
[Gambas:Video 20detik]
(Delapan / April)