April 18, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Berputar! Penampilan ‘Istana Garuda’ Djokovic di ibu kota baru

Jakarta, CNBC Indonesia – Pembangunan Istana Kepresidenan ibu kota baru di Kalimantan Timur akan dimulai pada 2021, kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Pappanas Presiden Suharto Monorba. Namun, spekulasi bermunculan sejak saat itu tentang detail desain istana presiden baru-baru ini.

Di media sosial, istana kepresidenan di ibu kota baru memiliki desain yang viral, dengan elang melebarkan sayapnya. Padahal, desain ini sudah banyak dibicarakan di kalangan arsitek di Indonesia.


CNBC Indonesia Papanas Rudy Praveer Nadatta dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Crisno Yuvono, Kepala Biro Humas Kementerian PUPR, meminta kepastian terkait pembangunan negara baru. Desain istana berlambang Garuda, tapi belum terjawab.

Foto: Ibukota Negara Baru
Ibu Kota Nasional Baru

Asosiasi Perikanan Profesional Arsitek Indonesia, Green Council Indonesia (GPCI), Ikatan Ahli Desain Perkotaan Indonesia (IRK), Ikatan Perancang Lanskap Indonesia (IALI) dan Ikatan Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota (IAP) merilis laporan resminya pada Selasa (30/1). / 3).

I Ketu Rana Warsawa, Presiden Asosiasi Arsitek Indonesia, menjelaskan perlunya melibatkan masyarakat dalam proses perencanaan agar tercipta rasa hak masyarakat IKN yang baru. Prosedur perencanaan dan perencanaan pengembangan IKN secara sistematis dan terintegrasi.

“Kami percaya bahwa media dialog atau forum diskusi terkait perencanaan dan perancangan IKN akan mencakup berbagai disiplin ilmu terkait representasi stakeholder, baik pusat maupun daerah, dengan meliput berbagai elemen masyarakat secara terbuka dan transparan,” ujarnya. menjelaskan. , Dalam keterangan resminya, Selasa (30/3 2021).

Dia pertama kali mempromosikan dan mengesahkan rancangan undang-undang tentang IKN, meletakkan dasar untuk pengembangan rencana induk pembangunan dan tata ruang IKN. Dilaksanakan oleh Komisi IKN dengan otonomi penuh.

Dipenuhi dengan para profesional di bidang-bidang seperti tata kota, desain kawasan dan bangunan, serta profesional lainnya di bidang properti dan pengelolaan lahan yang biasanya terlibat dalam membangun kota baru.

READ  KKP tiba-tiba ditutup setelah Menteri Eddie Bravo ditangkap

Keduth menanggapi postingan yang diunggah di akun Instagram Soeharto Monofa, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Presiden Papenas, yang menyerukan berbagai reaksi dari anggota di seluruh serikat pekerja. Menurutnya, ada kekhawatiran soal desain istana negara.

Beberapa catatan dari Society tentang desain Istana Negara Elang. Dimulai dengan tidak mengklasifikasikan kemajuan peradaban Indonesia di era digital. Itu juga tidak termasuk dalam kebijakan rendah karbon dan pembangunan cerdas dari desain.

“Istana versi Garuda disarankan diubah menjadi monumen atau lambang untuk posisi strategis tertentu di Kawasan Inti Pusat Pemerintah Pusat (KIPP) dan dihapus dari fungsi gedung negara,” jelasnya.

Selain itu, ia mengusulkan agar bangunan istana dirayakan sesuai dengan prinsip desain yang telah disepakati. Selain itu, konstruksi awal IKN tidak harus dimulai dengan pembangunan gedung, melainkan melalui Tugu Nol.