April 18, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Gaji pegawai pajak memang selangit, tapi ada juga yang masih menerima suap!

Jakarta

Menteri Keuangan Shri Mulyani Indira Gandhi tak bisa menyembunyikan kekesalannya saat muncul kabar adanya dugaan suap. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Menteri Keuangan.

Mr Mulyani mengatakan intervensi petugas pajak yang diduga menerima suap adalah pengkhianatan. Pasalnya, Otoritas Pajak Nasional ini sangat mendukung nilai kejujuran dan integritas dalam menjalankan tugasnya.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang mengusut kasus dugaan korupsi tersebut. KPK belum mengumumkan siapa petugas pajak dalam kasus suap tersebut.

Lewat kejadian ini, tidak bisa dipungkiri bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap wajib pajak (WP) dalam hal ini tereduksi pada instansi yang telah memberikan kontribusi besar bagi penerimaan negara.

Kecurigaan penyuapan menjadi pertanyaan besar saat melihat pendapatan seseorang Petugas pajak. Pegawai pemerintah pajak dikatakan memiliki penghasilan yang lebih tinggi melalui tunjangan kinerja (tukin) yang mereka terima.

Berdasarkan catatan detikcomPada Kamis (4/3/2021), gaji pegawai negeri akan diatur dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019. Dimana besarnya gaji pokok ditentukan oleh lamanya masa kerja seorang pegawai negeri.

Biasanya, gaji terendah untuk pegawai negeri sipil diperoleh oleh kelas satu, yang berkisar dari $ 1,56 juta hingga $ 2,33 juta per bulan. Sedangkan pegawai negeri sipil tertinggi mendapat ranking IV tertinggi, berkisar antara $ 3,59 juta sampai $ 5,9 juta.

PP Nomor 15 Tahun 2019 menjadi acuan bagi seluruh pegawai pemerintah yang bekerja di instansi pemerintah. Namun, Tukin-lah yang membedakan PNS pajak dari yang lain.

Aturan pembayaran iuran pegawai negeri pajak tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 37 Tahun 2015 (Perpress). Dalam peraturan ini, ada kaitannya dengan besarnya ruang istirahat dari tingkat eksekutif hingga eksekutif Ekelon I.

READ  Ternyata Ini Perbedaan Antara Pilek & Pemerintah-19, Adakah Gejala Yang Mirip?

Besaran gaji para pengurus eselon I peringkat 27 adalah Rp 117.375.000, sedangkan level manajemen level 4 terendah Rp 5.361.800.

Berikut ini adalah pemotongan gaji Petugas pajak:

Detail Gaji Pegawai Pajak Foto: Dok. Tangkapan layar Ferres

Lanjutkan ke halaman berikutnya.

Tonton videonya: Miliaran suap KPK mati di Direktorat Jenderal Pajak

[Gambas:Video 20detik]