Mei 7, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

ITR bukan 13 juta, berapa gaji seorang penjaga Bertamina?

Jakarta, CNBC Indonesia – Sebuah foto yang disebarkan di Instagram oleh P.T. Menunjukkan gaji seorang Satpam di Bertamina (Persero). Tidak ada game, dalam unggahannya disebutkan gaji petugas kebersihan Bertamina mencapai Rp 13,6 juta.

Rincian gaji tanggal 7 April 2021 antara lain gaji pokok Rp3 juta, bonus non-Rp 950 ribu, bonus kerja Rp1,5 juta, dan lembur Rp8,17 juta.

Namun, hal itu langsung dibantah oleh manajemen Pertamina. SVP Corporate Communications & Investor Relations Pertamina menegaskan bahwa informasi yang diunggah Agas Suprizanto adalah palsu.


“Informasi di postingan itu palsu dan menyesatkan,” ujarnya kepada CNBC Indonesia, Kamis (4/8/2021).

Foto: adalah
Slip gaji Pertamina (IST)

Ditambahkannya, ada jenis pekerjaan penunjang, salah satunya dilakukan oleh cleaner dan lainnya oleh pihak ketiga.

“Dilakukan sesuai prosedur yang berlaku dan profesional,” ujarnya.

Begitu pula terkait dengan penerbitan slip gaji, menurutnya tidak menggunakan tanda tangan, kemudian dicek lagi oleh otoritas. Selain itu, dia mengaku tidak menggunakan logo dari Pertamina.

Termasuk format slip gaji (tidak ditandatangani, diverifikasi oleh pejabat di perusahaan dan tidak menggunakan logo Pertamina), katanya.

Lalu, berapa gaji sebenarnya dari petugas kebersihan Bertamina?

Berdasarkan informasi dari Pertamina, bisa dipastikan gaji yang diberikan akan sesuai dengan ketentuan. Jika diatur dalam aturan berarti harus sesuai dengan Upah Minimum Regional (UMR).

Di TKI Jakarta, Upah Minimum Provinsi (UMP) 2021 Rp 4,4 juta. Dengan asumsi merupakan sektor yang terkena dampak Pemerintah-19, maka UMP TKI Jakarta 2021 ditetapkan sama dengan tahun 2020 yaitu Rp 4,2 juta.

[Gambas:Video CNBC]

(Usia)