Mei 7, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Jack Ma muncul bersama presiden Rusia setelah Alibaba didenda

KOMPAS.com – Sejak terakhir kali tampil di depan umum pada Januari 2021, sang pendiri Alibaba Group, Jack Ma Muncul lagi.

Kali ini, pria berusia 56 tahun itu menghadiri konferensi video online Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Setelah menemukannya, pertemuan tersebut diselenggarakan oleh Russian Geographical Society. Jack Ma terlihat bersih dalam balutan pakaian yang dikenakannya. Dalam acara tersebut, Mao tampak fokus mendengarkan Putin.

Dia sangat fokus, dia tidak mengucapkan sepatah kata pun. Setiap kali, Ma bergerak untuk menyesap secangkir teh yang disajikan di mejanya.

Baca juga: Rekaman udara mengungkapkan Jack Ma hilang

Belakangan ini, gerakan Jack Ma menjadi semakin misterius. Faktanya, tidak ada yang tahu persis di mana Jack Ma sekarang. Seperti, mantan guru bahasa Inggris ini berusaha menyembunyikan dirinya dari pandangan publik.

Media Asia SYHP / Weibo Jack Ma menghadiri pertemuan online yang dipimpin oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Jack Ma tidak yakin apa yang menyebabkan dia bertingkah seperti ini. Namun, ada dugaan hal itu turut memengaruhi keputusan yang diambil pemerintah China beberapa waktu lalu.

Alibaba awalnya didenda

Penampilan Jack Maw muncul setelah Alibaba didenda. Pekan lalu, kelompok pengawas anti-monopoli China mendenda Grup Alibaba $ 2,8 miliar (sekitar $ 40,7 triliun) karena melanggar monopoli.

Praktik monopoli yang dipertanyakan seperti pemaksaan terhadap pedagang di situs e-commerce Alibaba.

Mitra bisnis diwajibkan untuk menyetujui perjanjian dan perjanjian kerjasama eksklusif, yang membatasi pedagang untuk menggunakan situs serupa lainnya.

Menanggapi gugatan tersebut, Alibaba akhirnya menyetujui hukuman yang dijatuhkan oleh pengawas anti monopoli China.

Baca juga: Drama Jack Ma, Government Criticism, dikabarkan sudah mati hingga muncul dalam video berdurasi 50 detik

READ  Tes cepat antigen gratis Garuda untuk pelancong rute domestik

Dikumpulkan Compostechno Dari CNBC, Jumat (16/4/2021), Alibaba berjanji akan bekerja sama dan mematuhi keputusan SAMR serta memperbaiki struktur internal perusahaan.

“Kami (Alibaba) tidak dapat mencapai pencapaian ini tanpa disiplin dan layanan pemerintah yang baik, serta pengawasan kritis, toleransi, dan dukungan dari semua anggota yang sangat penting untuk pertumbuhan bisnis kami,” kata Alibaba.

Sebelumnya, dalam pidatonya di Shanghai pada 24 Oktober, Panda mengumumkan bahwa Ma telah hilang selama tiga bulan setelah mengkritik pemerintah China atas peraturan keuangan dan perbankannya.

Saat itu, Jack Ma merasa aturan yang diberlakukan oleh pemerintah China sebenarnya menghalangi inovasi dan perlu diubah.