April 20, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Kiat pencadangan data yang aman dan nyaman

Jakarta, Cellular.It – Dengan mengadaptasi kebiasaan baru kerja dan sekolah dari jarak jauh, keamanan data digital menjadi semakin penting, terutama untuk dokumen kerja yang penting.

Tentu saja, tidak ada yang mau menghadapi impian kehilangan proyek klien penting atau disertasi dan tugas karena kesalahan teknis komputer atau kebocoran air di gadget. Kehilangan perangkat elektronik dapat mengganggu, tetapi kehilangan file berharga seperti foto, dokumen, dan video bisa sangat sulit untuk diganti.

Menjelang Hari Cadangan Dunia pada 31 Maret, Western Digital mengajak semua pengguna PC dan smartphone untuk mencadangkan data berharga di semua perangkat elektronik. Berikut adalah tip Western Digital untuk mencadangkan file dengan aman dan mudah di PC, tablet, dan smartphone!

Siapkan pencadangan data otomatis

Semakin sering Anda mencadangkan, semakin baik. Namun jangan khawatir akan membuang banyak waktu, karena sekarang, banyak solusi penyimpanan seperti cloud dan hard disk sudah memiliki fitur pencadangan data otomatis. Misalnya, WD My Passport dan My Passport Ultra Hard Disk berisi perangkat lunak pencadangan WD, yang memudahkan pengguna untuk menjadwalkan pencadangan data otomatis setiap beberapa hari, minggu, atau bahkan bulan.

File bersih

Simpan foto, video, dan dokumen penting di perangkat penyimpanan yang aman, seperti hard disk atau flash disk. Kemudian, arsipkan semua data ini setiap 2 tahun dan, jika memungkinkan, pindahkan semua arsip ke perangkat penyimpanan lain setiap 3-5 tahun. Hal ini penting dilakukan untuk mengurangi risiko kerusakan perangkat elektronik, sehingga file backup selalu aman, bahkan untuk jangka waktu yang lama. Inilah sebabnya, dengan kemajuan teknologi digital, perangkat dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar semakin dibutuhkan – apalagi jika Anda memiliki banyak video, film, atau game yang membutuhkan lebih banyak ruang.

READ  Untuk pertama kalinya, astronot NASA memanen lobak di stasiun luar angkasa

Selalu gunakan perangkat keras dan perangkat lunak terenkripsi

Secara umum, data atau file lebih mungkin hilang atau disalahgunakan saat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Dengan selalu menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak terenkripsi, file Anda akan jauh lebih aman. Teknologi enkripsi bisa sangat berguna untuk melindungi data sensitif, termasuk informasi sensitif tentang file pribadi atau perusahaan. Untuk alasan ini, Western Digital selalu melengkapi semua perangkat penyimpanannya dengan enkripsi tingkat lanjut, sehingga Anda selalu dapat memastikan untuk menyimpan berbagai jenis file.

Ingat Aturan 3-2-1 untuk Pencadangan Data

Saat melakukan backup data, banyak orang yang bingung, kemana harus menyimpan semua file yang kamu punya? Sedangkan untuk backup data, bisa sangat berbahaya jika hanya menyimpannya di satu perangkat, misalnya di laptop. Pasalnya, jika terjadi kerusakan, sangat sulit untuk memulihkan data yang hilang di perangkat tersebut. Untuk itu, ingat rumus aturan 3-2-1 untuk backup data yang aman.

Cara penggunaan, Anda harus memiliki minimal 3x data. Simpan 2 salinan data di 2 lokasi berbeda. Simpan 1 salinan data secara offline. Misalnya, Anda dapat mencadangkan data ke laptop, cloud, dan smartphone, tetapi pastikan Anda selalu memiliki cadangan data tersebut di perangkat yang dapat diakses secara offline, seperti disk. Jadi, Anda bisa mengakses datanya kapan pun, di mana pun.