Februari 26, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Apa itu orbit?

Apa itu orbit?

KOMPAS.com – Tata surya terdiri dari planet-planet yang mengorbit matahari. Tapi Anda tahu persis apa Di sekitar jalur melingkar?

Laporan dari NASA, Orbit adalah jalur kontinu reguler di sekitar satu objek di sekitar objek lain. Oleh karena itu, orbit adalah jalur tetap, teratur dan berulang di sekitar satu objek di sekitar objek lainnya.

Misalkan Anda menjalankan beberapa lingkaran di jalur elips. Ini artinya Anda sedang mengitari tengah lapangan.

Namun, benda-benda di orbit biasanya memiliki kecepatan yang konstan dan tidak berubah.

Di sekitar jalur melingkar Bentuknya bisa melingkar atau elips tergantung pada objeknya. Orbit benda akan disebabkan oleh pengaruh gaya gravitasi pada pusat orbit dan gaya sentrifugal keluar yang dihasilkan oleh kecepatan benda di orbit.

Baca juga: Revolusi Seni dan Siklus Planet

Benda dengan orbit

Kompas.com/silmi noorul uttami
Bulan mengorbit bumi mengelilingi matahari

Ada banyak objek dengan orbit di alam semesta. Di ruang angkasa, benda kecil mengorbit benda besar karena tertarik oleh tarikan gravitasinya.

Contohnya adalah Bulan, satelit alami yang mengorbit Bumi kita secara terus menerus dan tidak mengubah orbitnya.

Jika bulan adalah satelit alami, manusia juga memiliki satelit yang orbit dan kecepatannya ditentukan oleh para ilmuwan. Ada satelit yang mengorbit bumi yang bertujuan untuk menavigasi, mengkomunikasikan, dan mempelajari bumi. Namun, ada juga satelit yang mengorbit bulan untuk mempelajari kejadian di bulan.

nasa.gov
Satelit Lunar Renaissance Orbiter yang mengorbit Bulan

Secara umum, tata surya kita juga satu set Planet yang mengorbit Asteroid yang mengorbit matahari adalah benda terbesar di tata surya.

Planet yang mengorbit Sangat teratur dengan kecepatan masing-masing yang tidak saling mengganggu, sehingga planet-planet tidak saling bertabrakan.

READ  Penggunaan kembali hasil Liga Champions - 8 tim dipastikan lolos ke babak 16 besar

Kali ini, mari kita lihat atom skala kecil. Elektron dalam atom juga memiliki orbitnya masing-masing di sekitar inti, yaitu proton dan neutron. Elektron juga memiliki orbit yang diatur menurut tingkat energinya.